POLA KOMUNIKASI SUAMI ISTRI DUAL WORKER YANG TINGGAL BERSAMA LANSIA DEMENSIA

RISKI RAHMADANI, 071411531022 (2018) POLA KOMUNIKASI SUAMI ISTRI DUAL WORKER YANG TINGGAL BERSAMA LANSIA DEMENSIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.109 18 Rah p.pdf

Download (27kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.109 18 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.109 18 Rah p.pdf

Download (267kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi suami istri dual worker yang tinggal bersama lansia demensia. Dalam memadukan 3 unsur pola komunikasi Cohesion, Adaptibility dan Communication, peneliti menemukan beberapa kombinasi dari 5 pasang suami istri yang dijadikan sebagai narasumber penelitian ini. Pola komunikasi tersebut diantaranya menjadi 4 tema yakni, kontribusi waktu, kontribusi tenaga, kontribusi finansial dan kondisi emosional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sehingga peneliti menggunakan in-depth interview pada 5 pasang suami istri dual worker yang tinggal bersama lansia demensia. Selanjutnya peneliti menjelaskan temuan pola komunikasi berdasarkan tema kontribusi pasangan suami istri yang digunakan dari wawancara mendalam tersebut. Hasil temuan penelitian ini, pada pola komunikasi bertema kontribusi finansial didapatkan bahwa suami istri berada pada komunikasi yang stabil dibandingkan dengan tema pola komunikasi lainnya. Peneliti menemukan bahwa dengan adanya kondisi suami istri yang sama-sama bekerja dan sumber finansial dari pensiun lansia demensia, mempengaruhi kondisi waktu, tenaga dan emosional pada masing-masing informan. kKomunikasi yang terjalin diantara suami istri tersebut dipengaruhi oleh kondisi eksternal yang mereka alami. Kondisi eksternal yang mempengaruhi antara lain adalah: Sumber finansial, kontribusi saudara kandung, keberadaan asisten, dan kepemilikan rumah yang ditinggali oleh suami istri tersebut dan lansia demensia tersebut. Peneliti juga menemukan bahwa self disclosure pada suami istri mempengaruhi pola komunikasi terkait kondisi emosional pada masing-masing pasangan. Pada pasangan yang tidak terbuka satu sama lain cenderung memendam apa yang dirasakan di dalam pikiran dan hatinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.109/18 Rah p
Uncontrolled Keywords: Pasangan Suami Istri, Lansia, Demensia, pola komunikasi, dual worker, waktu, tenaga, finansial, emosional.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RISKI RAHMADANI, 071411531022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndria Saptyasari, Dr., S.Sos., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2019 10:19
Last Modified: 28 Jan 2019 10:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item