PERILAKU ADAPTIF PERAJIN COR KUNINGAN (STUDI DESKRIPTIF DI DESA WISATA BEJIJONG TROWULAN MOJOKERTO)

ZIHAN PERMADANI, 071117058 (2018) PERILAKU ADAPTIF PERAJIN COR KUNINGAN (STUDI DESKRIPTIF DI DESA WISATA BEJIJONG TROWULAN MOJOKERTO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.66 18 Per p.PDF

Download (65kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.66 18 Per p.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.66 18 Per p.pdf

Download (198kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerajinan cor kuningan merupakan salah satu warisan peninggalan nenek moyang yang sudah turun temurun sejak jaman Majapahit. Kerajinan cor kuningan sebagai suatu karya seni terapan yang penciptaannya terikat oleh fungsi praktis dipakai untuk bahan membuat alat-alat perlengkapan makan dalam kerajaan atau kaum bangsawan. Munculnya kerajinan cor kuningan ini berkaitan dengan tujuan unuk memenuhi kebutuhan benda hias serta kebutuhan fungsional sehari-hari yang dipengaruhi oleh beberapa aspek guna untuk memenuhi keselarasan dan keseimbangan antara nila estetik dan nilai fungsional. Desa Bejijong merupakan desa wisata pusat pembuatan produk kerajinan cor kuningan yang terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto dan memiliki sekitar 160 unit usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi/pengamatan langsung, wawancara/interview, pemilihan informan dengan 10 orang informan yang terpilih dan memenuhi syarat, dokumentasi, dan studi pustaka. Selanjutnya dilakukan analisis data melalui tahap-tahap dengan menggunakan teori, hasil penelitian perajin cor kuningan di Bejijong Trowulan, melakukan proses produksi dengan tiga tahap yaitu tahap pertama atau pra produksi dengan menyiapkan bahan baku berupa malam/lilin, mata kucing, tanah liat, kuningan. Tahap kedua dengan pembuatan model/bentuk, finishing model/matras, membuat jalan kuningan masuk, mill, membungkus, membakar, membuka, serta proses lanjutan. Tahap ketiga yaitu finishing dengan teknik poles, teknik krom, dan teknik buatan. Kemudian kerajinan cor kuningan dipasarkan atau dikirim kepada pemesan dari Bali, Solo, Yogyakarta. Menggunakan strategi tertentu untuk bertahan dalam persaingan bebas. Perilaku adaptif yang dilakukan oleh perajin cor kuningan bekerja berdasarkan kesepakatan dagang yang telah berlangsung selama 25 tahun. Serta menciptakan suatu kaderisasi agar senantiasa ada yang meregenerasi dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.66/18 Per p
Uncontrolled Keywords: Perajin cor kuningan, produksi, pemasaran, perilaku adaptif, strategi,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ZIHAN PERMADANI, 071117058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri Haryono, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2019 11:06
Last Modified: 28 Jan 2019 11:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/79613
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item