ANALISIS PRESPEKTIF TRADISIONAL DAN MODERN FAKTOR DETERMINAN PEMBELIAN IMPULS PADA LINGKUNGAN BELANJA RITEL TRADISIONAL MODERN DAN SEMIMODERN DI SURABAYA

Aris Setiyana, 040510330 (2009) ANALISIS PRESPEKTIF TRADISIONAL DAN MODERN FAKTOR DETERMINAN PEMBELIAN IMPULS PADA LINGKUNGAN BELANJA RITEL TRADISIONAL MODERN DAN SEMIMODERN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2010-setiyanaar-14251-b0610a-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-setiyanaar-12014-b0610-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pembelian impuls. Fenomena pembelian impuls atau impulse buying telah sejak lama di kenal dan menjadi bagian dari dunia pemasaran, khususnya untuk dunia ritel. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impuls, namun muncul satu permasalahan yakni adanya perbedaan perspektif atau sudut pandang mengenai faktor determinan pembelian impuls. Disatu sisi sejumlah penelitian berpendapat bahwa pembelian impuls dipengaruhi oleh faktor internal yakni sifat impulsivitas masing-masing individu itu sendiri, disisi lain berpendapatan bahwa pembelian impuls dipengaruhi oleh faktor external, yaitu lingkungan tempat pembelian impuls itu terjadi. Penelitian ini mencoba mempertemukan kedua sudut pandang tersebut dengan menggunakan perspektif ketiga yaitu sudut pandang interaksionisme, yaitu baik aspek perbedaan individu maupun faktor lingkungan eksternal bersama-sama mempengaruhi perilaku pembelian impuls. Terdapat 3 rumusan masalah yang sekaligus menjadi tujuan dalam penelitian ini. Pertama untuk mengetahui apakah sifat impulsivitas signifikan mempengaruhi pembelian impuls. Kedua apakah lingkungan toko mempengaruhi pembelian impuls. Ketiga apakah lingkungan toko dan sifat impulsivitas signifikan secara bersama-sama berpengaruh pada perilaku pembelian impuls. Dalam penelitian ini peneliti mengambil lokasi penelitian di Surabaya. Dengan karakteristik partisipan berada pada kisaran usia 18-30 tahun. Dengan jumlah partisipan sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode imaginary shopping experience. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sifat impulsivitas (X1) dan lingkungan toko (X2) serta pembelian impuls (Y) sebagai variabel tergantungnya. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji beda rata-rata, regresi linear sederhana dan berganda. Berdasarkan hasil analisis uji beda rata-rata maupun uji regresi linear sederhana didapatkan hasil bahwa kedua variabel bebas secara parsial signifikan berpengaruh pada variabel bebas. Regresi linear berganda dilakukan untuk mengetahui manakah dari kedua variabel bebas yang lebih dominan berpengaruh pada variabel tergantung. Dari hasil analisis tersebut didapatkan hasil bahwa standardize beta variable X2 yaitu variabel lingkungan toko lebih besar dibanding standardize beta variabel X1 yaitu variabel sifat impulsivitas. Artinya variabel X2 yaitu lingkungan toko lebih dominan berpengaruh pada variabel Y, yaitu variabel pembelian impuls.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 06 10 Set a
Uncontrolled Keywords: ritel, pembelian impuls, sifat impulsivitas, lingkungan toko
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5428-5429.6 Retail trade
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Aris Setiyana, 040510330UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Dwi Utami S, Dra., Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Dec 2010 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7987
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item