PERBANDINGAN KONSTRUKSI PERAN MAKHLUK SUPRANATURAL ‘’AMANOJAKU, KUTABE, DATSUEBA’’ DALAM ANIME GHOST AT SCHOOL (GAKKOU NO KAIDAN) DAN FOLKLOR JEPANG

DEDEH MARDIYAH, 121411331023 (2018) PERBANDINGAN KONSTRUKSI PERAN MAKHLUK SUPRANATURAL ‘’AMANOJAKU, KUTABE, DATSUEBA’’ DALAM ANIME GHOST AT SCHOOL (GAKKOU NO KAIDAN) DAN FOLKLOR JEPANG. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
aBSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text (fULLTEXT)
FS J 03 18 mAR P.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makhluk supranatural yang berasosiasi negatif di Jepang terbagi menjadi empat jenis, yakni yōkai, yūrei, obake dan oni. Keberadaan mereka dalam folklor berfungsi sebagai alat pengendali sosial serta sebagai alat untuk memaksa masyarakat agar mentaati suatu peraturan tertentu. Keberadaan mereka dianggap sebagai sesuatu yang keramat dan ditakuti. Jika zaman dahulu keberadaan mereka hanya dikisahkan melalui lisan, di era modern ini, keberadaan mereka dikisahkan melalui budaya populer seperti anime, manga, dan film. Tak jarang dalam penggambarannya memiliki beberapa perbedaan dan kesamaan. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran makhluk supranatural Amanojaku, Kutabe, dan Datsueba pada anime Ghost at School (Gakkō no Kaidan) dengan yang terdapat pada folklor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat tiga buah persamaan, dan satu perbedaan dalam penggambaran wujud Amanojaku pada anime dan folklor, serta satu persamaan peran dan satu perbedaan peran dalam anime dan folklor. Terdapat dua perbedaan penggambaran wujud Kutabe pada anime dan folklor, serta satu perbedaan peran dalam anime dan dalam folklor. Terdapat satu perbedaan dan dua persamaan dalam penggambaran wujud Datsueba, serta dua perbedaan dan satu persamaan dalam penggambaran peran Datsueba pada anime dengan yang terdapat dalam folklor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.J.03/19 Mar p
Uncontrolled Keywords: Amanojaku, Kutabe, Datsueba, foklor
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Creators:
CreatorsNIM
DEDEH MARDIYAH, 121411331023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Gandhi Amanullah, S.S., M.A.,UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 27 Feb 2019 08:16
Last Modified: 01 Mar 2019 01:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/80570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item