SENDRI LENTARI, 040730924 (2011) PENGARUH SIMILARITY DAN EXPERTISE TERHADAP WORD OF MOUTH INTENTION MELALUI PENGARUH YANG DIRASAKAN DENGAN VARIABEL MODERASI SOCIAL/PSYCHOLOGICAL RISK DALAM ONLINE COMMUNITY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-lentarisen-19950-b2611-k.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-lentarisen-16721-b2611-p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pentingnya aktifitas WOM mempengaruhi proses perilaku konsumen dengan memahami niat pembaca dalam menyebarkan informasi (WOM intention). Dari konsep ini, dibangunlah 4 hipotesis dari 5 variabel yang ada yaitu, similarity, expertise, pengaruh yang dirasakan, social/psychological risk, dan WOM intention. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari data primer yang telah dikumpulkan sebanyak 73 sampel dari anggota online community webinar2010.com. Metode partial least square (PLS) dengan menggunakan aplikasi smartPLS digunakan dalam penelitian ini. Dan dari hasil output diketahui bahwa 4 hipotesis diterima. Dalam penelitian ini diketahui bahwa similarity dan expertise dapat mempengaruhi pengaruh yang dirasakan, yang kemudian berpengaruh terhadap WOM intention, dan meningkatnya hubungan antara similarity terhadap pengaruh yang dirasakan dipengaruhi oleh social/psychological risk. Jadi untuk dapat meningkatkan penyampaian eWOM maka perlu adanya peningkatan derajat kesamaan, keahlian narasumber pada pengirim (sender) dan pengaruh dari social/psychological risk pada penerima (receiver). Penelitian menyatakan bahwa variabel similarity dan expertise berpengaruh positif yang signifikan terhadap pengaruh yang dirasakan dan kemudian berpengaruh positif yang signifikan terhadap WOM intention. Penelitian juga menyatakan bahwa peran social/psychological risk sebagai moderasi berpengaruh positif yang signifikan pada pengaruh similarity terhadap pengaruh yang dirasakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 26/11 Len p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | COMMUNITY RELATIONS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Deby Felnia | ||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 11 Jun 2017 19:23 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8103 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |