PERBANDINGAN KEMUNCULAN FREKUENSI DENTAL TRAITS DISTAL ACCESSORY RIDGE DAN CARABELLI CUSP PADA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TIONGHOA CETAK GIGI MAHASISWA PPDGS UNAIR SURABAYA

Nurarif Dwi Santosa, 071411731023 (2019) PERBANDINGAN KEMUNCULAN FREKUENSI DENTAL TRAITS DISTAL ACCESSORY RIDGE DAN CARABELLI CUSP PADA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TIONGHOA CETAK GIGI MAHASISWA PPDGS UNAIR SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.03 19 San p.pdf

Download (121kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.03 19 San p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan studi perbandingan terhadap frekuensi kemunculan karakteristik gigi pada laki-laki dan perempuan Tionghoa. Sampel penelitian ini menggunakan cetakan gigi orang Tionghoa cetak gigi mahasiswa PPDGS UNAIR Surabaya.Berjumlah 100 sampel, terdiri dari 50 orang laki-laki dan 50 orangperempuan. Pertanyaan dalam penelitian iniadalah adakah perbedaan yang signifikan teradap kemunculan Distal Accessory Ridge pada canine dan Carabelli Cusp pada molar 1 dan molar 2 antara laki-laki dan perempuan Tionghoa. Bagaimana ditribusi frekuensi dari kedua dental traitstersebut? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan sistem skoring yang analisisnya berdasarkan ASUDAS (Arizona State University Dental Anthropology System) kemudian diolah dengan Chi-square. Hasil yang muncul setelah analisis adalah adanya perbedaan kemunculan frekuensi berdasarkan hasil distribusi frekuensi Distal Accessory Ridge kiri dan kananpada canine atas laki-laki dan perempuan terlihat bahwa laki-laki memiliki frekuensi yang lebih tinggi dibanding perempuan. Sementara Distal Accessory Ridge pada canine bawah terlihat bahwa laki-laki memiliki kemunculan yang lebih rendah dibanding perempuan. Dari hasil distribusi frekuensi Carabelli Cusp molar 1 pada laki-laki dan perempuan kami lebih sering menjumpai traits ini padalaki-laki daripada perempuan, sementara molar 2 mempunyai hasil sebaliknya. Hasil uji signifikansi yang tampak pada Distal Accessory Ridge kiri dan kananpada canine atas laki-laki dan perempuan adalah adanya perbedaan yang signifikan antara kedua jenis kelamin, begitu pula pada canine bawah. Pada Carabelli Cusp kami juga menemukan hasil yang signifikan antara frekuensi kemunculan molar 1 dan 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.03/19 San p
Uncontrolled Keywords: Dental Traits, Distal Accessory Ridge, Carabelli Cusp.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Nurarif Dwi Santosa, 071411731023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Prof., Dra., MA., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2019 03:01
Last Modified: 18 Dec 2019 05:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item