ANALISIS BAHAYA PADA PRODUKSI UDANG PND DI PT. ISTANA CIPTA SEMBADA, BANYUWANGI

TUBAGUS SYAHRIAL, 141511233073 (2018) ANALISIS BAHAYA PADA PRODUKSI UDANG PND DI PT. ISTANA CIPTA SEMBADA, BANYUWANGI. Fakultas Perikanan dan Kelautan: Budidaya Perairan, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 23-19 Sya a Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 23-19 Sya a.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2022.

Download (982kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk perikanan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan masalah mutu dan keamanan pangan.Hal ini disebabkan karena perikanan termasuk produk pangan yang sangat mudah rusak (perishable food), sehingga upaya-upaya untuk mempertahankan mutu dan keamanannya menjadi hal yang harus diperhatikan.Proses analisa bahaya merupakan langkah penting yang dilakukan untuk mewujudkan keamanan pangan pada tiap industri pangan. Praktek Kerja Lapang yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bahaya signifikan dan pengendalian yang dilakukan pada pengolahan udang beku PnD di PT. Istana Cipta Sembada. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2017 hingga 18 Januari 2018. Pengambilan data dilakukan dengan metode partisipasi aktif, wawancara, observasi, serta studi pustaka. Penentuan bahaya signifikan merupakan hasil akumulasi dari tingkat keakutan bahaya berdasarkan tingkat keparahan terhadap kesehatan dan kemungkinan timbulnya suatu bahaya tersebut pada proses produksi. Bahaya signifikan pada pengolahan udang beku PnD di PT. Istana Cipta Sembada yaitu antibiotik, alergen (bahaya kimia), benda asing (bahaya fisika) dan peningkatan bakteri (bahaya biologi). Pengendalian yang dapat dilakukan tehadap bahaya signifikan yaitu monitoring kualitas bahan baku, pengecekan pelabelan produk, kalibrasi metal detector dan reproses produk yang terdeteksi terdapat benda asing, menjaga rantai dingin proses produksi, penerapan personal hygine yang teratur, dan penggunaan air dan es dari sumber yang telah dilakukan pengujian mikrobiologi.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 23-19 Sya a
Uncontrolled Keywords: Bahaya, Produksi Udang PnD
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.9-336.5 Fishery processing
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
TUBAGUS SYAHRIAL, 141511233073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka Saputra, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Mar 2019 10:11
Last Modified: 26 Mar 2019 10:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81410
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item