THE ANALYSIS OF INFORMAL LANGUAGE USED IN THE ADVERTISEMENT OF SURYA PRO NEVER QUIT

Billy Marsianto Djafar, 121311233110 (2019) THE ANALYSIS OF INFORMAL LANGUAGE USED IN THE ADVERTISEMENT OF SURYA PRO NEVER QUIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin bertambahnya usia manusia, ucapan mereka menjadi lebih standar (Holmes 2008). Penggunaan bahasa dapat dipengaruhi oleh beberapa alasan. Salah satunya adalah dengan usia atau kematangan setiap orang. Bahasa termasuk verbal dan non verbal. Isyarat non-verbal, misalnya warna, tanda, simbol, dan lain-lain. Jenis mode non-verbal akan mewakili makna tertentu. Objek penelitian ini adalah iklan Surya Pro Never Quit. Dalam iklan itu, peneliti menemukan bahwa bahasa yang digunakan dalam iklan Surya Pro Never Quit menggunakan bahasa standar dan non-standar. Bahasa non-standar juga didukung oleh komunikasi visual dalam iklan. Arti dari masing-masing tanda memiliki hubungan dengan penggunaan bahasa non-standar dalam iklan Surya Pro Never Quit. Karena ini adalah penelitian kualitatif, peneliti pada dasarnya membagi analisis menjadi dua: analisis bahasa verbal dan analisis bahasa non-verbal. Peneliti menggunakan teori bahasa informal dari Androutsopoulos (2000) dan dialek bahasa Indonesia standar dari Kridalaksana (1992). Dan mode semiotik dari Eco (1983) sebagai teori pendukung untuk bahasa non verbal. Sebagai hasilnya, fitur yang menandai bahasa informal dalam iklan adalah ejaan bahasa sehari-hari, ejaan regiolectal, ejaan prosodik, konjungsi, fungsi gramatikal, penggunaan awalan me- dan ber-, kalimat verbal Doer + V, dan penggunaan afiks. Dari bahasa non verbal, simbol pemberontakan mendukung penggunaan bahasa informal dalam iklan. Pemberontakan dikenal sebagai melawan social dalam penggunaan bahasa baku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS BE 27/19 Dja a
Uncontrolled Keywords: Informal language, advertisement, verbal language, non verbal language
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > PE1585 English language -Semantics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Billy Marsianto Djafar, 121311233110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEma Faiza, M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Apr 2019 04:17
Last Modified: 08 Apr 2019 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81682
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item