RANCANGAN PERBAIKAN KINERJA OPERASIONAL PROSES PRODUKSI PRESSER COMB DENGAN PENDEKATAN THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) PADA UPT INDUSTRI LOGAM DAN PEREKAYASAAN SIDOARJO

NABILLA AZANIN RISMAWAN, 041411231133 (2019) RANCANGAN PERBAIKAN KINERJA OPERASIONAL PROSES PRODUKSI PRESSER COMB DENGAN PENDEKATAN THEORY OF INVENTIVE PROBLEM SOLVING (TRIZ) PADA UPT INDUSTRI LOGAM DAN PEREKAYASAAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak KKB KK 2 B.27 19 Ris r.pdf

Download (156kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext KKB KK 2 B.27 19 Ris r.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja operasional dalam pembuatan proses presser comb pada UPT Industri Logam dan Perekayasaan Sidoarjo. UPT Industri Logam dan Perekayasaan Sidoarjo merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan logam dengan memberikan suatu pelayanan pada IKM dan non IKM yang harus meningkatkan kinerja operasional di dalam perusahaan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang berhubungan dengan permasalahan Cost, Quality, Delivery time, dan Speed dengan menggunakan theory of inventive problem solving (TRIZ). Theory of inventive problem solving (TRIZ) merupakan suatu alat perbaikan dalam mencari akar masalah serta memberikan solusi terbaik dalam masalah yang terjadi. Pendekatan dilakukan melalui penyebab masalah yang dimiliki perusahaan dengan menghubungkan 39 engineering parameters yang sesuai dari ke empat aspek (Cost, Quality, Delivery, dan Speed) kemudian menentukan kontradiksi, setelah itu diperoleh sebuah pemecahan masalah yang telah di tentukan dalam 40 inventive principles untuk mengatasi kontradiksi yang terjadi di setiap faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UPT Industri Logam dan Perekayasaan Sidoarjo harus meningkatkan kinerja operasional dengan solusi yang diberikan dari 40 inventice principles.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 B 27 19 Ris r
Uncontrolled Keywords: Operational performance, Theory of Inventive Problem Solving(TRIZ)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
NABILLA AZANIN RISMAWAN, 041411231133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDBALING KUSTRIYONO, Ir., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 25 Apr 2019 06:45
Last Modified: 25 Apr 2019 06:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/81998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item