METODE PEMBELAJARAN KLINIK BERBASIS MENTORSHIP TERHADAP MOTIVASI DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI RSUD SIDOARJO

IKA SUHARTANTI, 131414153019 (2017) METODE PEMBELAJARAN KLINIK BERBASIS MENTORSHIP TERHADAP MOTIVASI DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DI RSUD SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKP. 04-19 Suh m Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Fulltext)
TKP. 04-19 Suh m.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembelajaran klinik merupakan perwujudan penjabaran pelaksanaan pendidikan keperawatan. Pelaksanaan pembelajaran klinik di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus. Mentorship salah satu metode pembelajaran klinik keperawatan yang memfasilitasi mahasiswa untuk mendorong belajar secara mandiri dan membantu mencapai target kompetensi. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh metode pembelajaran klinik berbasis mentorship terhadap motivasi dan pencapaian kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah di RSUD Sidoarjo. Jenis penelitian Pre-Experiment dengan one group pretest-posttest design. Populasi adalah pembimbing klinik (mentor) departemen keperawatan medikal bedah, mahasiswa program pendidikan Ners (mentee) yang melaksanakan praktik klinik keperawatan medikal bedah. Responden dipilih dengan consecutive sampling. Sampel adalah 6 mentor dan 24 mentee. Variabel independen adalah metode pembelajaran klinik berbasis mentorship dan variabel dependen adalah motivasi dan pencapaian kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah. Instrumen penelitian SAP, modul, lembar kuesioner dan check list. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan α=0,05. Sebagian besar mentor memiliki peran yang baik pada supporting (66,7%). Ada pengaruh yang baik metode pembelajaran klinik berbasis mentorship terhadap motivasi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah di RSUD Sidoarjo (P value = 0,000, P<α). Ada pengaruh yang baik metode pembelajaran klinik berbasis mentorship terhadap pencapaian kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan medikal bedah di RSUD Sidoarjo (P value = 0,000, P<α). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada sub bagian pendidikan dan penelitian RSUD Sidoarjo untuk melakukan penyegaran informasi bagi pembimbing klinik tentang metode pembelajaran klinik berbasis mentorship sehingga bisa menerapkannya sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan kualitas pembimbingan klinik kepada mahasiswa serta meningkatkan peran yang baik sebagai pembimbing klinik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP. 04-19 Suh m
Uncontrolled Keywords: Mentorship, metode pembelajaran klinik, motivasi, kompetensi mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
IKA SUHARTANTI, 131414153019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnanto, Dr., S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorYuni Sufyanti Arief, S.Kp., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Apr 2019 07:28
Last Modified: 26 Apr 2019 07:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item