PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DALAM PERSPEKTIF OPEN GOVERNMENT (Studi pada Pelayanan Informasi Publik Pemerintah Kabupaten Madiun)

IMELDA FATMAWATI, 071511133067 (2019) PELAYANAN INFORMASI PUBLIK DALAM PERSPEKTIF OPEN GOVERNMENT (Studi pada Pelayanan Informasi Publik Pemerintah Kabupaten Madiun). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.12 19 Fat p.pdf

Download (13kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.12 19 Fat p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan informasi publik merupakan salah satu strategi pemerintah Indonesia dalam mewujudkan open government. Kabupaten Madiun merupakan daerah yang memiliki NKI (Nilai Keterbukaan Informasi) paling rendah di Jawa Timur pada tahun 2017, padahal PPID Kabupaten Madiun sudah terbentuk sejak tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara rinci pelaksanaan pelayanan informasi publik di Kabupaten Madiun menggunakan perspektif open government agar dapat diketahui permasalahan dan kekurangan pada pelayanan informasi publik berdasarkan perspektif open government. Permasalahan dan kekurangan akan digambarkan secara rinci sehingga dapat disusun saran dan rekomendasi bagi pihak terkait agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik di Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan dilakukan secara purposive. Jenis observasi yang dilakukan adalah participant as observer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan informasi publik di Kab. Madiun apabila ditinjau dengan perspektif open government masih terdapat banyak kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut dikarenakan oleh inisiatif PPID yang rendah, tidak ada sosialisasi pelayanan informasi publik kepada masyarakat, tidak ada regulasi yang jelas, serta tidak ada kontrol internal yang kuat dalam pelaksanaan pelayanan informasi publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.12/19 Fat p
Uncontrolled Keywords: open government, pelayanan informasi publik, PPID, Kabupaten Madiun
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
IMELDA FATMAWATI, 071511133067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof., Dr., Drs., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 Apr 2019 11:03
Last Modified: 18 Dec 2019 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82106
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item