KOHESI DAN KOHERENSI DALAM IKLAN PROGRAM NET.TV: ANALISIS WACANA

TITIK APRILIYANI, 121511133074 (2019) KOHESI DAN KOHERENSI DALAM IKLAN PROGRAM NET.TV: ANALISIS WACANA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FS.BI. 31-19 Apr k Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text (Fulltext)
FS.BI. 31-19 Apr k.pdf
Restricted to Registered users only until 14 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahasa iklan sebagai wacana terbentuk dari unsur-unsur wacana. Unsur-unsur tersebut adalah kohesi dan koherensi yang dapat menunjang tersampaikannya informasi iklan kepada pemirsa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur kohesi dan unsur koherensi yang ada di dalam iklan program NET.TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan memanfaatkan teori kohesi dan koherensi, iklan program NET.TV dikelompokkan menjadi tiga. Iklan program yang kohesif dan koheren, yang kohesif tak koheren, dan yang tidak kohesif namun koheren. Iklan program NET.TV didominasi oleh unsur kohesi gramatikal berupa referensi situasional dan konjungsi. Unsur kohesi leksikal didominasi oleh penanda repetisi yang berfungsi untuk menekankan satu kata yang ditonjolkan dalam iklan program. Unsur koherensi ditandai dengan hubungan tempo yang berfungsi untuk memberikan informasi penayangan suatu program. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iklan program NET.TV cenderung menggunakan konjungsi sebagai perluasan kalimat iklan. Repetisi berupa pengulangan judul program dan waktu penayangan program dalam iklan. Hubungan tempo sebagai penyebutan waktu penayangan program selama iklan ditayangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 31-19 Apr k
Uncontrolled Keywords: kohesi, koherensi, iklan NET.TV, wacana
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
TITIK APRILIYANI, 121511133074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBea Anggraini, S.S, M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 May 2019 08:20
Last Modified: 14 May 2019 08:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82361
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item