PENGARUH CITRA NEGARA ASAL PRODUK, PENGETAHUAN PRODUK DAN KETERLIBATAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI SURABAYA (ANALISIS DILAKUKAN PADA PRODUK LAPTOP BUATAN INDONESIA)

WYNAR TRIWARDHANI, 040730989 (2012) PENGARUH CITRA NEGARA ASAL PRODUK, PENGETAHUAN PRODUK DAN KETERLIBATAN PRODUK TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN DI SURABAYA (ANALISIS DILAKUKAN PADA PRODUK LAPTOP BUATAN INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-triwardhan-22225-b19211-k.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-triwardhan-18132-b19211.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan pasar global dunia membuat pasar Indonesia dipenuhi oleh barang-barang impor. Barang tersebut mencakup makanan, minuman, kendaraan bermotor, peralatan rumah dan produk elektronika. Salah satu produk elektronik yang banyak diimpor dari luar adalah laptop. Laptop hadir menggantikan fungsi komputer yang hampir tidak diproduksi lagi saat ini. Laptop digemari oleh berbagai kalangan, salah satunya adalah mahasiswa karena bisa dibawa kemana saja. Berbagai macam jenis dan merek laptop baik lokal maupun asing tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini membuat pemasar semakin sulit untuk melihat faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi preferensi konsumen. Berdasar pada fenomena diatas penelitian ini dilakukan untuk mengetahui niat beli konsumen terhadap laptop buatan Indonesia. Penelitian mereplikasi penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Yi Lin dan Chen pada tahun 2006. Adapun faktor yang diduga dapat mempengaruhi niat beli konsumen diatas adalah citra negara asal, pengetahuan produk dan keterlibatan produk. Penelitian dilakukan di Surabaya dengan mengambil sampel 100 orang mahasiswa. Adapun tekhnik sampel yang digunakan purposive sampling, dengan ketentuan responden yang dijadikan sampel adalah mahasiswa yang belum atau tidak memiliki laptop. Hipotesis diajukan dengan dugaan bahwa variabel citra negara asal, pengetahuan produk dan keterlibatan produk memiliki pengaruh terhadap niat beli konsumen. Serta dugaan bahwa keterlibatan produk memoderasi hubungan citra negara asal dan pengetahuan produk terhadap niat beli konsumen. Untuk menguji hipotesis diatas digunakan tekhnik analisis MRA (Moderated Regression Analysis). Tekhnik analisis MRA digunakan untuk menguji hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial maupun hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat dengan adanya variabel moderator. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kelima hipotesis diterima. Atau dengan kata lain variabel citra negara asal, pengetahuan produk dan keterlibatan produk terhadap niat beli secara parsial. Dan keterlibatan produk terbukti memoderasi hubungan antara citra negara asal seta pengetahuan produk terhadap niat beli konsumen terhadap produk laptop buatan Indonesia. Dengan demikian dapat disarankan kepada seluruh pelaku pemasaran maupun produsen-produsen di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas produk-produk lain demi menunjang pertumbuhan citra yang positif negara Indonesia di mata konsumen. Pengetahuan produk perlu terus diberikan untuk memperkenalkan keunggulan dan kelebihan produk yang ditawarkan. Sehingga konsumen tertarik dan mau terlibat lebih dalam lagi untuk membeli produk tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 192/11 Tri p
Uncontrolled Keywords: CONSUMERS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
WYNAR TRIWARDHANI, 040730989UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra, p.SE MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 06 Jan 2012 12:00
Last Modified: 18 Jul 2016 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item