HEFY RISADA, 040710427 (2012) Implementasi Sifat Tabligh pada Stockholder dan Stakeholder Pasar Syariah Az- Zaitun 1 di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-risadahefy-21797-febei1-k.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-risadahefy-18316-febei1-1-min.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana implementasi sifat tabligh pada stockholder dan stakeholder Pasar Syariah Az-Zaitun 1 di Surabaya sebagai saluran distribusi. Penelitian ini memfokuskan pembahasan pada sifat tabligh. Tabligh artinya komunikatif dan argumentatif, dimana seseorang akan menyampaikan informasi dengan benar disertai tutur kata yang tepat (bi alhikmah). Pemasar yang memiliki sifat tabligh, melayani konsumen dengan berbicara sesuatu perkataan yang mudah dipahami oleh akal konsumen. Objek penelitian dilakukan pada Pasar Syariah Az-Zaitun 1 di Surabaya karena merupakan salah satu bentuk saluran distribusi yang menerapkan prinsip syariah dalam peraturan operasionalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi partisipatif kepada pemilik, petugas parkir, dan pedagang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar informan telah mengimplementasikan sifat tabligh dengan baik pada operasional Pasar Syariah Az-Zaitun 1 di Surabaya sebagai saluran distribusi. Implementasi sifat tabligh dilakukan dengan cara empati, proaktif, bijaksana, melayani, informasi, menjalin hubungan, teladan, komunikatif, tegas, serta meyakinkan. Sifat tabligh diterapkan informan pada operasional Pasar Syariah Az-Zaitun 1 di Surabaya karena dapat meningkatkan jumlah pelanggan serta mempererat hubungan persaudaraan dibanding dengan informan yang tidak mengimplementasikan sifat tabligh dengan baik. Pasar Syariah Az-Zaitun 1 di Surabaya sebagai salah satu bentuk saluran distribusi hendaknya terus mempertahankan sifat tabligh yang sudah diimplementasikan dengan baik pada operasionalnya, serta meningkatkan aspek bijaksana dan teladan sehingga dapat menjalin hubungan baik dengan konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | kkb kk-2 feb ei 10/11 Ris i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Deby Felnia | ||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 12 Jun 2017 21:23 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8278 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |