SISTEM INFORMASI PELAYANAN RAWAT JALAN KLINIK MEDIKA YANI SURABAYA

AYU PRANIA ARINDA, 080810384F (2012) SISTEM INFORMASI PELAYANAN RAWAT JALAN KLINIK MEDIKA YANI SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_AYU PRANIA ARINDA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_AYU PRANIA ARINDA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 May 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Pelayanan Rawat Jalan Klinik Medika Yani Surabaya yang mencakup berbagai aktifitas yang berkaitan dengan proses pelayanan rawat jalan yang meliputi proses registrasi pasien, pemeriksaan medis, pembayaran pemeriksaan rawat jalan, dan pembayaran resep. Dalam membuat Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Rawat Jalan Klinik Medika Yani Surabaya yang pertama dilakukan adalah menganalisis sistem yang berkaitan dengan proses-proses di atas, selanjutnya mendesain sistem dan database. Dalam mendesain sistem, proses yang dilakukan adalah membuat hierarchy chart dan Data Flow Diagram (DFD) yang memiliki 2 level, 26 datastore, dan 6 external entity berdasarkan hasil analisis sistem. Sedangkan untuk mendesain database, proses yang dilakukan adalah membuat Conceptual Data Model (CDM) dengan 24 entitas yang terdiri dari 14 entitas sebagai master, 10 entitas sebagai transaksi. Kemudian CDM tersebut di-generate ke PDM yang menghasilkan 26 tabel sesuai dengan entitas yang ada pada CDM. Dari PDM kemudian dimasukkan ke dalam database sebenarnya yaitu MySQL. Proses selanjutnya mendesain form input dan output dengan menggunakan program Visio Professional. Proses terakhir yaitu mengimplementasikan algoritma program yang telah disusun ke dalam program menggunakan PHP. Aplikasi sistem informasi pelayanan rawat jalan ini menghasilkan suatu sistem yang informatif, efisien, cepat, tepat, dan akurat. Terdapat fasilitas-fasilitas untuk menambah, mengubah maupun menghapus data-data seperti data pegawai, data pasien, dan sebagainya. Dari sistem ini juga dapat dihasilkan laporan-laporan secara cepat dan mudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, registrasi, pemeriksaan medis, pembayaran pemeriksaan rawat jalan, pembayaran resep.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
AYU PRANIA ARINDA, 080810384FUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Herawatie, Ir., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorPurbandini, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 May 2019 06:59
Last Modified: 24 May 2019 06:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/82798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item