EVALUASI KINERJA VENDOR SEBAGAI PENYEDIA SEWA TOWER BTS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. TELKOMSEL

MOCHAMAD ROSUL DZIKRULLOH, 041511223030 (2019) EVALUASI KINERJA VENDOR SEBAGAI PENYEDIA SEWA TOWER BTS DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. TELKOMSEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 19 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap vendor dan untuk mengetahui kinerja vendor dalam sewa Tower BTS pada PT. Telkomsel dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan menggunakan AHP, akan diketahui tingkat prioritas kriteria, subkriteria dan kinerja vendor dengan melakukan penilaian perbandingan. Pemilihan dan evaluasi vendor merupakan salah satu kegiatan akuisisi yang paling penting karena hasilnya memiliki dampak yang besar terhadap kualitas barang dan kinerja perusahaan. Hal ini juga diperlukan untuk mengantisipasi evaluasi kinerja vendor untuk membangun hubungan kerja sama. Vendor adalah bagian penting dari perusahaan. Jadi evaluasi vendor harus dilakukan dengan hati-hati, karena bisa berdampak sangat positif atau merugikan terhadap keseluruhan kinerja organisasi. Vendor dievaluasi berdasarkan sejumlah kriteria sehingga departemen pembelian dapat membuat keputusan pemilihan vendor berdasarkan kriteria yang paling penting. Dalam keputusan pemilihan dan evaluasi vendor, dua pertanyaan mendasar harus ditangani. Pertama, kriteria apa yang harus digunakan dan kedua, metode apa yang bisa digunakan untuk membandingkan vendor. Identifikasi kriteria dilakukan dengan diskusi bersama pihak perusahaan yang menghasilkan 5 kriteria yaitu quality, Price, Operating Control, Production Facilities and Capacity, Warrantise and Claim Policices, dan didapatkan 12 subkriteria didalamnya. Pembobotan didapatkan dari hasil kuisioner penilaiam perbandingan berpasangan yang disebarkan kepada pihak yang berkepentingan dari perusahaan. Pembototan metode AHP menggunakan aplikasi expert choice 11 pada evaluasi kinerja vendor dalam sewa Tower BTS PT. Telkomsel menempatkan Production Facilities and Capacity sebagai kriteria terpenting, diikuti Price, Warrantise and Claim Policices, quality, dan Operating Control. Hasil dari evaluasi menunjukkan kinerja vendor KIN paling baik, disusul oleh vendor IBS, vendor PAB, vendor STP dan vendor PST.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 184/19 Dzi e
Uncontrolled Keywords: Performance Criteria, Vendor Evaluation, Tower Base Tranceiver Station (BTS), Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMAD ROSUL DZIKRULLOH, 041511223030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBaling Kustriyono, Ir., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2019 07:36
Last Modified: 19 Jun 2019 07:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83391
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item