PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN SISWA TK (TAMAN KANAK-KANAK) MUSLIM DI KOTA SURABAYA

SHIKY ISYANA P.S.M, 071411631038 (2019) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN SISWA TK (TAMAN KANAK-KANAK) MUSLIM DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.29 19 Shi p.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.29 19 Shi p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.29 19 Shi p.pdf

Download (291kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mengembangkan pembelajaran siswa TK Muslim di Surabaya merupakan tugas penting yang didalamnya terdapat peran-peran yang harus dilakukan sebaik mungkin oleh guru, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran sesungguhnya peran guru di TK Muslim di Surabaya dalam mengembangkan pembelajaran siswanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe deskriptif. Lokasi ini ditentukan dengan cara probability sampling, hasil yang didapat adalah 102 lokasi TK Muslim yang tersebar di seluruh kota Surabaya, dengan total sampel yang sama dengan jumlah lokasi yaitu 102 guru. Artinya, setiap satu TK akan di ambil 1 guru saja sebagai sampel penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang di lihat dari peran guru yang pertama yaitu sebagai demonstrator, guru telah menguasai paham dan menguasai kurikulum pendidikan yang berbasis pendidikan agama islam. Sebagai inspirator, guru selalu memiliki inpirasi ketika mengajar dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi di sela-sela belajar ketika guru melihat siswa mulai bosan dan hilang fokus. Sebagai informator sudah dilakukan dengan baik namun untuk jenis informasi yang dibagikan tentang keagamaan masih kurang, hanya sebanyak 29,4%. Peran guru sebagai motivator telah dilakukan dengan baik, namun untuk media apa yang diberikan sebagai bentuk motivasi untuk siswanya hanya 15,7% saja yang memberikan hadiah berupa atribut keagamaan. Sebagai inisiator, guru telah dapat mengintegrasikan inisiatifnya dengan keagamaan, karena guru lebih banyak berinisiatif mengajak siswanya bermain permainan edukatif yang terintegrasi dengan keagamaan seperti bermain sebut jumlah rukun-rukun islam dan rukun iman. Sebagai fasilitator, sekolah 100% memiliki semua jenis buku bacaan yang memadai. Guru sebagai pembimbing, masih perlu memberikan perhatian khusus pada siswanya yang merasa kesulitan. Guru sebagai pengelola kelas dilakukan dengan baik terlihat dari hasil yang didapat bahwa suasana dilingkungan kelas sangat memadai, Guru sebagai evaluator masih kurang baik dalam segi indikator yang menjadi pertimbangan evaluasi, di mana seharusnya guru melihat dari berbagai dimensi indicator tidak hanya terpaku pada satu atau dua dimensi saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.29/19 Shi p
Uncontrolled Keywords: peran guru, pembelajaran, pendidikan agama islam, TK Muslim, anak usia dini
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
SHIKY ISYANA P.S.M, 071411631038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Soesantari, Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:32
Last Modified: 24 Jun 2019 08:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item