Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Orang Tua Tentang Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi Untuk Anak di Surabaya

REZA RAMADHAN PUTRA, 071411631079 (2019) Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Orang Tua Tentang Pemilihan Jurusan Perguruan Tinggi Untuk Anak di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.30 19 Put p.pdf

Download (22kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.30 19 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.30 19 Put p.pdf

Download (315kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses dalam memilih pendidikan untuk anak sangatlah penting, khususnya dalam jenjang yang lebih serius yakni perguruan tinggi. Orang tua menginginkan anaknya agar memperoleh pendidikan yang tidak hanya bermanfaat bagi dunia kerja mereka nanti, namun juga sesuai dengan minat yang mereka inginkan. Dengan menggunakan model perilaku penemuan informasi dari Brenda Dervin, peneliti berusaha untuk mengetahui serta menjelaskan atau memberikan gambaran bagaimana perilaku orang tua dalam memilih jurusan perguruan tinggi untuk anak mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner serta melakukan probing untuk memperkuat data kuantitatif yang sudah dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik purposive dengan hasil 100 responden yang memiliki anak berusia antara 17-19 tahun, orang tua yang sedang memilih jurusan perguruan tinggi untuk anak mereka serta orang tua yang berdomisili di daerah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku penemuan informasi orang tua melalui empat tahapan yakni situasi antara masa orang tua dengan anaknya sekarang, kesenjangan kognitif antara orang tua satu dengan orang tua yang lain, jembatan kognisi yang dibangun untuk memenuhi kesenjangan yang timbul akibat ketidaktahuan tentang jurusan perguruan tinggi, serta hasil dari pemilihan jurusan perguruan tinggi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa perilaku penemuan informasi orang tua tentang pemilihan jurusan perguruan tinggi baik di situasi masa lalu maupun sekarang memilih berdasarkan luasnya lapangan pekerjaan dari jurusan pilihan, kesenjangan kognitif antar orang tua dalam memilih jurusan didasari oleh kemampuan finansial, pada jembatan kognisi orang tua sudah dapat menggunakan internet untuk mencari informasi, dan untuk hasil pemilihan jurusan perguruan tinggi orang tua sudah percaya diri, mengetahui jurusan pilihan mereka, dan menilai informasi yang dikumpulkan sangat berguna, serta dari temuan kebutuhan informasi, orang tua berfokus pada kebutuhan informasi biaya, alternatif profesi kerja, serta informasi mata kuliah dan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.30/19 Put p
Uncontrolled Keywords: Perguruan tinggi, jurusan perguruan tinggi, orang tua, kebutuhan informasi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
REZA RAMADHAN PUTRA, 071411631079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:41
Last Modified: 24 Jun 2019 08:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83610
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item