ANALISIS PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP LITERASI KEUANGAN ISLAM PELAKU UMKM MUSLIM DI JAWA TIMUR

RIZKI DESY WULANSARI, 041411431087 FAKULTAS (2019) ANALISIS PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP LITERASI KEUANGAN ISLAM PELAKU UMKM MUSLIM DI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRACT)
KKB KK-2 FEB.EI 79 -19 Wul a-Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB.EI 79 -19 Wul a.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh faktor demografi terhadap literasi keuangan Islam pelaku UMKM muslim di Jawa Timur. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Variabel independen terdiri dari faktor demografi yang diukur dari usia, gender, pendidikan dan pendapatan. Sedangkan variabel dependen adalah literasi keuangan Islam yang diukur dengan tiga indikator yaitu financial knowledge, financial behavior, dan financial attitude. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dihitung dengan alat analisis SPSS 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendidikan berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan Islam. Semakin tinggi pendidikan responden maka semakin tinggi literasi keuangan Islam. Sedangkan faktor demografi yang terdiri dari usia, gender, dan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan Islam pelaku UMKM muslim di Jawa Timur. Alasan tidak berpengaruhnya variabel usia, gender, dan pendapatan disebabkan karena mayoritas karakteristik pelaku UMKM berasal dari kota dan memiliki pengetahuan literasi keuangan mulai dari pendidikan formal hingga pendidikan non formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 79/ 19 Wul a
Uncontrolled Keywords: Islamic financial literacy, age, gender, education, income, financial knowledge, financial behavior, financial attitude
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI DESY WULANSARI, 041411431087 FAKULTASUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Inayatul Faizah, S.Ag., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:09
Last Modified: 25 Jun 2019 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83658
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item