PENGARUH KONSEP DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA MADRASAH ALIYAH

WASIS PURWO WIBOWO, 111714253022 (2019) PENGARUH KONSEP DIRI, KECERDASAN EMOSIONAL DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT SISWA MADRASAH ALIYAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (62kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Pencapaian siswa dalam memahami materi yang diberikan di kelas dapat dilihat dari proses dan cara belajarnya. Keterikatan siswa (student engagement) dalam mengikuti pembelajaran di kelas menjadi salah satu hal penting yang perlu ditekankan dalam pencapaian suatu pembelajaran. Karakteristik yang unik dalam penelitian ini ditekankan pada siswa Madrasah Aliyah yang memiliki pembelajaran agama lebih dibanding dengan siswa sekolah umum lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan keluarga dengan mediator konsep diri terhadap student engagement siswa Madrasah Aliyah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan empat skala pengukuran yaitu skala konsep diri, skala kecerdasan emosional, skala dukungan keluarga, dan skala student engagement. Analisis yang digunakan yaitu Partial Least Square. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak 195 siswa Madrasah Aliyah di salah satu sekolah swasta di Sidoarjo dengan total populasi 380 siswa melalui teknik simple random sampling. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan emosi dan dukungan keluarga terhadap student engagement bersifat langsung (direct effect), tidak bisa indirect melalui mediasi konsep diri. Konsep diri tidak dapat menjadi mediator antara kecerdasan emosional dan dukungan keluarga terhadap student engagement akan tetapi ketiga variabel yaitu konsep diri, kecerdasan emosional, dan dukungan keluarga berpengaruh secara bersamaan terhadap student engagement siswa Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK Tpsi 30/19 Wib p
Uncontrolled Keywords: Student engagement, Self-concept, Emotional intelligence, Family support
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
WASIS PURWO WIBOWO, 111714253022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwin Hendriani, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2019 06:37
Last Modified: 25 Jun 2019 06:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item