HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SAFETY LEADERSHIP, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN SAFETY PERFORMANCE DI PT JAPFA COMFEED INDONESIA GEDANGAN SIDOARJO

BACHTIAR CHAHYADHI, 101714253002 (2019) HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SAFETY LEADERSHIP, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN MOTIVASI KERJA DENGAN SAFETY PERFORMANCE DI PT JAPFA COMFEED INDONESIA GEDANGAN SIDOARJO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKK. 03-19 Cha h Abstrak.pdf

Download (24kB)
[img] Text (Daftar Isi)
TKK. 03-19 Cha h Daftar Isi.pdf

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
TKK. 03-19 Cha h Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text (Fulltext)
TKK. 03-19 Cha h.pdf
Restricted to Registered users only until 26 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyebab langsung kecelakaan sering melibatkan kesalahan manusia, faktor organisasi dan manajemen terlibat dalam insiden di semua industri. Paradigma lama dari teori domino yang menekankan bahwa kecelakaan selalu berakar dari kesalahan manajemen mulai perlahan dirubah. Faktor-faktor manusia seperti perilaku, motivasi, psikologi mulai diperhatikan. Salah satu pendekatan perilaku untuk menerapkan budaya keselamatan dengan safety leadership. Penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis hubungan faktor safety leadership, gaya kepemimpinan, dan motivasi kerja dengan safety performance pada pekerja PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Metode yang digunakan untuk mengukur faktor safety leadership, gaya kepemimpinan, dan motivasi kerja dengan safety performance yaitu pengisian kuesioner. Populasi dalam penelitian ini ada 150 orang dan sampel yang diperoleh menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 108 pekerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan peranan safety leadership dari supervisor dan motivasi kerja dengan kinerja keselamatan sebesar 0.023 dan 0.012. hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa ada hubungan antara safety leadership, gaya kepemimpinan orientasi prestasi dan motivasi kerja dengan safety performance. Saran yang bisa diterapkan untuk meningkatkan safety performance dengan menambahkan jobdesk safety leadership kepada supervisor agar memotivasi dan mengarahkan pekerja untuk berpartisipasi dalam program keselamatan perusahaan. Mempromosikan pekerja yang mempunyai karakter gaya kepemimpinan orientasi prestasi menjadi supervisor.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK. 03-19 Cha h
Uncontrolled Keywords: Safety Leadership, Motivasi Kerja, Safety Performance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
BACHTIAR CHAHYADHI, 101714253002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W,, Dr, Ir., M.SUNSPECIFIED
Thesis advisorTjipto Soewandi, Prof. Dr. H., dr., M.OH., Sp.OkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Jun 2019 10:10
Last Modified: 26 Jun 2019 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/83930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item