ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BERLANGGANAN SURAT KABAR JAWA POS DI SURABAYA

MUJIONO, 040114007 (2006) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BERLANGGANAN SURAT KABAR JAWA POS DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-mujiono-3361-b193_06-k.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-mujiono-3361-b193_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai penerbit surat kabar yang berkembang dengan pesat dalam persaingan bisnis persuratkabaran di Surabaya, surat kabar Jawa Pos harus mempertahankan keunggulan yang telah dimiliki saat ini. Dalam upaya mempertahankan posisi bersaing di pasar, perusahaan membutuhkan berbagai informasi sebagai masukan dalam pengembangan strategi pemasaran yang sesuai. Salah satu informasi penting yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan strategi pemasaran adalah informasi mengenai perilaku konsumen, yaitu informasi tentang bagaimana konsumen mengambil keputusan memilih suatu merek produk atau jasa tertentu dalam memenuhi kebutuhannya. Organisasi harus mampu menjawab mengapa orang – orang tersebut memilih untuk berlangganan surat kabar Jawa Pos dan faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan mereka. Pemahaman perusahaan terhadap perilaku konsumennya atau pelanggannya akan memberikan masukan yang sangat berharga dalam pengembangan strategi bersaing yang efektif. Penelitian perilaku konsumen ini bertujuan untuk menjawab, "Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Berlangganan Surat Kabar Jawa Pos di Surabaya". Untuk memecahkan masalah penelitian, dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan merumuskan hipotesa yang selanjutnya dilakukan pengujian statistik. Variabel – variabel penelitian yang diteliti adalah kebutuhan akan informasi, persepsi terhadap kualitas berita, reputasi, usia, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, pola konsumsi, kemampuan bersosialisasi, kesesuaian dengan nilai, daerah geografis, aktualisasi berita, cara penyajian dan pengolahan, pemakaian bahasa, nilai artistik, ukuran surat kabar, iklan, biaya berlangganan, promosi, ketepatan penyampaian. Dalam penelitian ini digunakan Analisis Faktor sebagai alat analisis, yang dimaksudkan untuk mengetahui faktor apa saja yang terbentuk dari variabel yang diteliti, yang mempengaruhi konsumen menjadi pelanggan surat kabar Jawa Pos. Apakah semua variabel yang diteliti benar – benar dapat digunakan untuk menentukan faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar Jawa Pos. Adapun Analisis Faktor dapat dirumuskan sebagai berikut (Malhotra, 1996: 645) : Xi = Ai1F2 + Ai2F2 + Ai3F3 +……. + AimFm + ViUi Semua variabel penelitian diukur dengan menggunakan skala liken (5 skala) berdasarkan karakteristik yang telah ditentukan. Penelitian menggunakan teknik sampling dengan metode non probability sampling, purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan atas kreteria tertentu dalam hal ini sampel haruslah pelanggan tetap Jawa Pos. Dalam Analisis Faktor, agar sebuah variabel tidak direduksi harus memenuhi dua ketentuan yaitu memiliki nilai MSA>0,5 dan memiliki nilai factor loading>0,55. Dari basil Analisis Faktor diketahui ada enam faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam berlangganan surat kabar Jawa Pos di Surabaya, yaitu : faktor kebutuhan, kondisi ekonomi, demografi, atribut produk, kepribadian dan kebudayaan, dan kesetaraan citra. Faktor kebutuhan dapat dijelaskan oleh variabel kebutuhan akan informasi, aktualisasi berita, dan persepsi terhadap kualitas. Faktor kondisi ekonomi dapat dijelaskan oleh variabel tingkat pendapatan, biaya berlangganan, dan jenis pekerjaan. Faktor demografi dapat dijelaskan oleh variebel usia tingkat pendidikan, dan daerah geografis. Faktor atribut produk dapat dijelaskan oleh variabel cara penyajian dan pengolahan, pemakaian bahasa, dan ukuran surat kabar. Faktor kepribadian dan kebudayaan dapat dijelaskan oleh variebel kemampuan bersosialisasi dan kesesuaian dengan nilai. Dan faktor kesetaraan citra dapat dijelaskan oleh variabel promosi, reputasi, dan ketepatan penyampaian. Implikasi dari penelitian ini, bahwa sebaiknya perusahaan perlu memperhatikan keenam faktor tersebut terutama faktor kebutuhan sebagai faktor yang paling dipertimbangkan konsumen dalam mengambil keputusan berlangganan surat kabar Jawa Pos, hal ini ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan konsumen akan informasi dan guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 193/06 Muj a
Uncontrolled Keywords: CONSUMEN BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
MUJIONO, 040114007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMARYANI WIDODO, Dra.,EcUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 27 Dec 2006 12:00
Last Modified: 16 Jun 2017 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item