MEGA AYU HARININGTYAS, 040114165E (2006) PENGARUH ENTERTAINMENT, INFORMATIVENESS, NON IRRITATION DAN CREDIBILITY TERHADAP SIKAP MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA ATAS IKLAN GRAMEDIA.COM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hariningty-3370-b190_06-k.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hariningty-3370-b190_06.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertu,juan untuk mengetahui pengaruh entertainment, informativeness, Non irritation, dan credibility terhadap sikap mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya atas iklan gramedia.com. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari hiburan (entertainment) (X1), informasi (informativeness) (X2), non iritasi (non irritation) (X3) dan kredibilitas (credibility) (X4) dan variabel tergantungnya adalah sikap mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga atas iklan gramedia.com. Peneliti memilih iklan gramedia.com sebagai obyek penelitian karena PT. Gramedia Pustaka Utama merupakan salah satu perusahaan yang menerbitkan buku-buku bermutu yang banyak diminati konsumen. Konsumen bisa memperoleh informasi yang lebih banyak selain yang bisa didapatkan dari prarnuniaga toko buku Gramedia. PT. Gramedia Pustaka Utarna telah memanfaatkan internet sebagai salah satu media komunikasi pelnasaran sejak 1998. Dan hingga saat ini terus beroperasi dan telah banyak pengguna yang merasakan manfaat dengan adanya iklan gramedia.com. di web. Jumlah populasi tidak dapat diketahui sehingga digunakan penarikan sampel penelitian yang dilakukan dengan metode non probability dan teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah pengguna internet yang berstatus mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya dan pernah mengunjungi situs gramedia.com minimal 1 (satu) kali. Jumlah responden yang didapat sebesar 200 responden. Dengan memakai korelasi Pearson dan teknik Cronbach's Alpha, data penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan perhitungannya dilakukan dengan bantuan program SPSS 10.0 for windows. Model persamaan regresi linier berganda yang diperoleh dari hasil penelitian adalah Y = 0,435 + 0,214X1 + 0,219X2 + 0,262X3 + 0,232X4. Berdasarkan basil analisis ditarik kesimpulan bahwa variabel bebas yang digunakan memiliki pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap variabel terikat. Hal ini dapat dilihat dari basil uji F dan uji t yang dilakukan. Nilai koefisien korelasi atau R adalah 0,662 atau 66,2% dan bertanda positif yang menunjukkan bahwa korelasi yang terjadi antara variabel X dan Y adalah sangat kuat dengan hubungan yang searah. Nilai koefisien determinasi atau R2 adalah 0,439. Nilai ini menunjukkan bahwa dari persamaan tersebut sejumlah 43,9% dari perubahan nilai Y mampu dijelaskan oleh variabel bebasnya, sisanya 56,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 190/06 Har p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ADVERTISING - MANAGEMENT; CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2017 18:09 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8401 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |