ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI TRIPLEK DI PT SUMBER GRAHA SEJAHTERA BERDASARKAN METODE PETA KENDALI FUZZY LINGUISTIC

Febrina Kusumaningati, 081511833056 (2019) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI TRIPLEK DI PT SUMBER GRAHA SEJAHTERA BERDASARKAN METODE PETA KENDALI FUZZY LINGUISTIC. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ST S 38-19 Kus a -ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (ABSTRACT)
ST S 38-19 Kus a - ABSTRACT.pdf

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
ST S 38-19 Kus a - DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ST S 38-19 Kus a - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ST S 38-19 Kus a.pdf
Restricted to Registered users only until 27 June 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kualitas sangat penting karena dapat mempertahankan meningkatkan pasar perusahaan. Faktor yang menentukan atau berpengaruh terhadap baik dan tidaknya kualitas produk perusahaan akan terdiri dari beberapa macam misal bahan bakunya, tenaga kerja, mesin dan peralatan produksi yang digunakan, dimana faktor tersebut akan mempunyai pengaruh yang berbeda, baik dalam jenis pengaruh yang ditimbulkan maupun besarnya pengaruh yang ditimbulkan. Dengan adanya pengawasan kualitas maka perusahaan atau produsen berusaha untuk selalu memperbaiki kualitas dengan biaya rendah yang sama atau tetap bahkan untuk mencapai kualitas yang tetap dengan biaya rendah. Pengendalian kualitas adalah aktivitas untuk memastikan bahwa proses memenuhi standar . Selain itu pengendalian kualitas juga dapat membantu perusahaan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya. Peta kendali adalah teknik pengendali proses pada jalur yang digunakan secara luas untuk menyelidiki secara cepat terjadinya sebab-sebab terduga atau proses sedemikian sehingga penyelidikan terhadap proses itu dan tindakan pembetulan dapat dilakukan sebelum terlalu banyak unit yang tidak sesuai diproduksi. Himpunan fuzzy adalah bagian-bagian yang mewakili suatu kondisi dalam variabel fuzzy. Untuk menentukan himpunan fuzzy dapat dilakukan dengan menghitung derajat keanggotaannya. Derajat keanggotaan pada himpunan fuzzy dapat ditentukan menggunakan kurva segitiga. Pada penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa peta kendali fuzzy linguistik dapat menggunakan sampel yang berbeda-beda pada setiap kali produksinya, selain itu peta kendali tersebut juga menghasilkan data out of control lebih banyak dibanding peta kendali atribut lainnya. Pengendalian kualitas produksi triplek di PT Sumber Graha Sejahtera menunjukkan bahwa terdapat data produksi yang out of control atau dapat dikatakan proses produksi belum terkendali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST S 38/19 Kus a
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pengendalian Kualitas, Peta Kendali, Fuzzy, Peta Kendali Fuzzy Linguistik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA1 Mathematics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
Febrina Kusumaningati, 081511833056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr. , M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSediono, Drs. H. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Diah Widjayanti
Date Deposited: 27 Jun 2019 09:41
Last Modified: 27 Jun 2019 09:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84231
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item