STUDI EVALUASI OUTCOME PROSEDUR OPERASI OPEN REDUCTION INTERNAL FIXATION PADA PASIEN FRAKTUR TIBIAL PLATEAU DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA Studi Deskriptif Observasional

JANUAR ARI SUBIANTORO, NIM011328126305 (2019) STUDI EVALUASI OUTCOME PROSEDUR OPERASI OPEN REDUCTION INTERNAL FIXATION PADA PASIEN FRAKTUR TIBIAL PLATEAU DI RSUD Dr. SOETOMO SURABAYA Studi Deskriptif Observasional. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
TKKli. 48-19 Sub s Abstrak.pdf

Download (63kB)
[img] Text (Daftar Isi)
TKKli. 48-19 Sub s Daftar Isi.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
TKKli. 48-19 Sub s Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Fulltext)
TKKli. 48-19 Sub s.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Terapi Pembedahan pada tibial plateau merupakan sesuatu yang menantang bagi seorang ahli bedah berpengalaman sekalipun. Beberapa penelitian menyatakan bahwa tindakan operasi yang terbanyak yang dilakukan pada fraktur tibial plateau dengan tipe Three Column ini adalah pemasangan double plate bila dibandingkan dengan pemasangan screw dan pemasangan single plate. Pemasangan double plate lebih dipilih karena dapat merekonstruksi permukaan sendi yang lebih baik, mengembalikan allignment normal, dan mencapai fiksasi yang lebih stabil. Penilaian keefektifitasan suatu prosedur operasi itu sendiri diperlukan indikator sebagai batasan evaluasi keberhasilan sebuah operasi. Metode: Menggunakan rancangan penelitian deskriptif observasional. Dengan total 40 pasien sesuai kriterian inklusi dan dilakukan pengukuran menggunakan program SPSS 23. Hasil: Uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada OKS dan SF12 single plate dan double plate pasca operasi (P=0,859), begitu juga dengan variabel lain yaitu Articular Surface Depression, MPTA dan PPTA. Diskusi: Disimpulkan bahwa hasil yang signifikan terhadap pasien ORIF tibial plateau double plate dibandingkan dengan single plate. Dengan hasil operasi ORIF tibial plateau double plate lebih memberikan hasil yang lebih baik dalam hal scoring OKS dan SF-12 serta Articular Surface Depression, MPTA dan PPTA. Hasil operasi yang lebih baik juga didapatkan pada Single Column pada Single Plate, dan Two-Column dan Three-Column pada Double Plate.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKKli. 48-19 Sub s
Uncontrolled Keywords: ORIF tibial plateau, single plate, double plate
Subjects: R Medicine > RD Surgery > RD701-811 Orthopedic surgery
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
JANUAR ARI SUBIANTORO, NIM011328126305NIM011328126305
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwikora Novembri Utomo, Dr., dr., Sp.OT(K)UNSPECIFIED
Thesis advisorMouli Edward, dr., Sp.OT(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:37
Last Modified: 28 Jun 2019 02:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84294
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item