DISCOMFORT DALAM PROSES PERUBAHAN UNIVERSITAS AIRLANGGA MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY

FIONA NISKA DINDA NADIA, NIM : 041714153014 (2019) DISCOMFORT DALAM PROSES PERUBAHAN UNIVERSITAS AIRLANGGA MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
TSM 14_19 Nad d_ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
TSM 14_19 Nad d_DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TSM 14_19 Nad d.pdf
Restricted to Registered users only until 28 June 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
TSM 14_19 Nad d_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan organisasi merupakan upaya organisasi untuk bertahan di tengah perubahan dunia yang sangat cepat. Perguruan Tinggi merupakan salah satu bentuk organisasi non profit yang dituntut untuk berubah karena environmental dynamism yang tinggi. Setiap proses perubahan organisasi pasti akan mengusik comfort zone anggota organisasi sehingga menimbulkan discomfort. Mengapa discomfort muncul, reaksi yang ditunjukkan ketika merasa discomfort dan konsekuensi dari discomfort terhadap proses perubahan merupakan pertanyaan penelitian yang akan dijawab dalam studi ini. Desain pertanyaan penelitian dijawab dengan studi kualitatif menggunakan pendekatan Critical Incident Technique, yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mengeksplorasi secara mendalam tentang discomfort terhadap perubahan. Data dikumpulkan dari wawancara dengan sejumlah 12 dosen yang terindikasi merasakan discomfort terhadap proses perubahan. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik snowball sampling. Temuan dari studi ini berhasil mengidentifikasi penyebab, reaksi serta konsekuensi dari discomfort dalam perubahan organisasi. Penyebab discomfort dikategorikan dalam fear of losing, culture, systems and policy, work overload dan lack of resources. Reaksi dari discomfort diwujudkan dalam negative affective reaction, cognitive reaction dan behavioural action. Sedangkan konsekuensi dari discomfort berakibat pada active dan passive participation dalam proses perubahan organisasi. Dirumuskan pula implikasi akademis dan manajerial dalam studi ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 14/19 Nad d
Uncontrolled Keywords: Perubahan Organisasi, Perguruan Tinggi, Discomfort, Critical Incident Technique.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FIONA NISKA DINDA NADIA, NIM : 041714153014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, Prof., SE., MBA., PhD.UNSPECIFIED
Thesis advisorAhmad Rizki Sridadi, Dr., SH., MM., MH.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 28 Jun 2019 03:38
Last Modified: 28 Jun 2019 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84305
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item