ALINIE DEWI A.S, 049922911 E
(2005)
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UNTUK TETAP MENGIKUTI BISNIS MULTI LEVEL MARKETING "ZONA BERBAGI" DI INTERNET.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Media internet merupakan salah satu sarana untuk memasarkan produk dengan cara Multi Level Marketing (MLM). MLM merupakan pemasaran bertingkat vaitu menjual produk baik berupa barang atau ide melalui konsumen yang telah menjadi member atau anggota suatu perusahaan. Salah satu perusahaan yang menjual produk berupa gagasan atau ide melalui media internet ini adalah MLM "Zona Berbagi". Upaya yang dilakukan Multi Level Marketing "Zona Berbagi" atas gagasan atau ide, kompensasi yang diperoleh, biaya yang dikeluarkan, cara pembayaran, saluran distribusi dan promosi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan member atau anggotanya sehingga untuk ke masa mendatang member atau anggotanya akan tetap mengikuti bisnis "Zona Berbagi".
Menyadari pentingnya mengetahui keputusan untuk tetap mengikuti bisnis Multi Level Marketing "Zona Berbagi" ini, maka perlu dipahami pengaruh dari gagasan atau ide, kompensasi yang diperoleh, biaya yang dikeluarkan, cara pembayaran, saluran distribusi dan promosi terhadap pengambilan keputusan untuk tetap mengikuti bisnis Multi Level Marketing "Zona Berbagi" di internet. Atas dasar latar belakang tersebut, maka perlu dikaji : 1) Apakah faktor—faktor: gagasan /ide, kompensasi yang diperoleh, biaya yang dikeluarkan, cara pembayaran, saluran distribusi dan promosi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk tetap mengikuti bisnis Multi Level Marketing "Zona Berbagi" di internet?, 2) Faktor manakah yang dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan untuk tetap mengikuti bisnis Multi Level Marketing "Zona Berbagi" di internet ?
Hasil pengujian dengan menggunakan Regresi Linear Berganda yaitu:
Nilai R Square (R2) sebesar 0,728. Berarti bahwa 72,8% keputusan konsumen untuk tetap mengikuti bisnis Multi Level Marketing "Zona Berbagi" di internet dipengaruhi oleh faktor gagasanlide (XI), faktor kompensasi yang diperoleh (X2), faktor biaya yang harus dikeluarkan (X3), faktor cara pembayaran (X4), faktor saluran distribusi (X5), dan faktor promosi (X6).
Hipotesis pertama, dinyatakan diterima kebenarannya, karena nilai F 'fining sebesar 41,563 dengan probabilitas terjadinya kesalahan sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari tingkat kesalahan 0,05 (5%). Dengan demikian faktor—faktor gagasan/ide, kompensasi yang diperoleh, biaya yang harus dikeluarkan, cara pembayaran, saluran distribusi, dan promosi secara bersama mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan untuk tetap mengikuti bisnis MLM melalui internet, diterima kebenarannya.
Hipotesis kedua dinyatakan diterima kebenarannya, karena nilai thitung faktor kompensasi yang diperoleh (X2) mempunyai nilai yang paling besar diantara nilai t hitung variabel bebas lainnya sehingga dari indikasi ini dapat disimpulkan Faktor kompensasi yang diperoleh berpengaruh dominan terhadap keputusan untuk tetap mengikuti bisnis MLM melalui internet.
Actions (login required)
|
View Item |