HUBUNGAN CLASSROOM SOCIAL ENVIRONMENT DENGAN KECENDERUNGAN LEARNED HELPLESSNESS PADA SISWA YANG MEMILIKI PRESTASI AKADEMIS RENDAH DI SMP KAWASAN SURABAYA

GHINA NADHIFA, 111511133084 (2019) HUBUNGAN CLASSROOM SOCIAL ENVIRONMENT DENGAN KECENDERUNGAN LEARNED HELPLESSNESS PADA SISWA YANG MEMILIKI PRESTASI AKADEMIS RENDAH DI SMP KAWASAN SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (49kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara classroom social environment dengan kecenderungan learned helplessness pada siswa yang memiliki prestasi akademis rendah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kawasan Surabaya. Classroom social environment adalah persepsi siswa tentang bagaimana mereka didorong untuk berinteraksi dengan orang lain; teman dan guru (Ryan & Patrick, 2001). Sedangkan Learned helplessness adalah ketidakberdayaan yang dipelajari sebagai hasil dari pengalaman yang menunjukkan bahwa hasil atau outcome tidak bergantung pada respon yang diberikan individu, yang kemudian diajukan sebagai model dari depresi reaktif (Seligman, 1975; Abramson, Seligman, & Teasdale, 1978; dalam Schroder & Ollis, 2012). Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengambilan data dilakukan menggunakan skala persepsi Classroom Social Environment untuk melihat persepsi siswa tentang lingkungan sosial kelas mereka dan skala Coping Competence Questionnaire untuk mengukur kecenderungan learned helplessness. Sebanyak 439 siswa yang memiliki prestasi rendah dari kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri Kawasan 3, 12, 15, 22, 25, 26, dan 35 Surabaya menjadi subjek penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 150/19 Nad h
Uncontrolled Keywords: classroom social environment, learned helplessness, low academic achievement, kawasan junior high school students
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
GHINA NADHIFA, 111511133084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Veronika Suprapti M.S.ED., Psikolog, '0020115603UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2019 05:56
Last Modified: 13 Aug 2019 05:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85803
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item