PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP JOB STRESS, ORGANIZATIONAL COMMITMENT DAN JOB PERFORMANCE PADA PERAWAT WANITA

NITA EKA FIBRIYANTI, 041311233098 (2019) PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT TERHADAP JOB STRESS, ORGANIZATIONAL COMMITMENT DAN JOB PERFORMANCE PADA PERAWAT WANITA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
B. 205-19 Fib p ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
B. 205-19 Fib p DAFTAR ISI.pdf

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
B. 205-19 Fib p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B. 205-19 Fib p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Wanita yang bekerja dan menjunjung tinggi profesi akan lebih mungkin mengalami konflik, karena secara tidak langsung ia akan memiliki keterikatan atau lebih berkonsentrasi untuk bekerja dan mengesampingkan perannya sebagai ibu rumah tangga. Kondisi ini akan membawa konflik yang muncul karena mereka merasa mengabaikan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga selain juga organisasi komitmen yang dimiliki, terutama di kalangan perawat. Hal tersebut akan berdampak pada stres kerja dan akan mempengaruhi kinerja seseorang. Dalam situasi ini komitmen terhadap sebuah organisasi memiliki peran yang sangat penting yaitu untuk meminimalkan konflik sehingga kesuksesan akan dapat diraih. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh work-family conflict terhadap job stress, organizational commitment dan job performance. Penelitian ini dilakukan di RSUD dr. M. Soewandhie Surabaya dengan mengambil sampel para perawat wanita yang sudah menikah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang secara keseluruhan melibatkan 90 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan work-family conflict memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap job stress. Selain itu work-family conflict memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap organizational commitment. Serta job stress memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap organizational commitment. Sedangkan work-family conflict memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap job performance. Akan tetapi job stress memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap job performance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 205-19 Fib p
Uncontrolled Keywords: work-family conflict, job stress, organizational commitment, job performance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NITA EKA FIBRIYANTI, 041311233098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIDA BAGUS GEDE ADI PERMANA, '0011098007UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Aug 2019 11:31
Last Modified: 15 Aug 2019 11:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85876
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item