POLA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERBASIS MAQASHID AL SYARIAH (STUDI KASUS DI PT X GRESIK JAWA TIMUR)

A. SYIFA’UL QULUB, 091217077306 (2019) POLA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERBASIS MAQASHID AL SYARIAH (STUDI KASUS DI PT X GRESIK JAWA TIMUR). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
Dis. EI. 12-19 Qul p ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Dis. EI. 12-19 Qul p DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Dis. EI. 12-19 Qul p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Dis. EI. 12-19 Qul p.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, diantaranya yang dilakukan oleh industri melalui pemberikan bantuan CSR dalam bentuk layanan, pinjaman, dan pembangunan infrastruktur di masyarakat sekitar. Beberapa pola lain bantuan juga diberikan dalam bentuk pengembangan kapasitas. Praktik-praktik pengelolaan CSR yang demikian apakah telah memenuhi prinsip-prinsip syariah? Apakah dengan itu masyarakat semakin meningkatkan semangat pengamalan ajaran Islam sebagai spirit membangun peradaban? Masih menjadi pertanyaan besar. Dari latar belakang di atas, ada dua pertanyaan yang dijadikan fokus penelitian, yaitu; Bagaimana pola pengelolaan Corporate Social Responsibility di PT. X Gresik ? Bagaimana distribusi Corporate Social Responsibility PT. X Gresik dalam pengembangan masyarakat kabupaten Gresik? Bagaimana pola pemberdayaan masyarakat melalui Corporate Social Responsibility berbasis Maqashid Syariah di PT. X Gresik ? Bagaimana program-program pemberdayaan masyarakat melalui Corporate Social Responsibility berbasis Maqashid Syariah di PT.X Gresik? Jenis penelitian ini adalah Studi Kasus (Case Study) yang merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat sosio-cultural-religius. Oleh karena itu, data-data yang diambil sebagai dasar analisis dalam penelitian ini dikombinasikan antara informasi dari karya tulis yang ada maupun kenyataan di lapangan. yang kemudian diformulasikan seabgai teori, baik secara deskriptif maupun proporsional Dari temuan penelitian yang sudah dipaparkan peneliti dapat membuat beberapa proposisi sebagai hasil dari kebaruan penelitian yang peneliti ajukan dalam menciptakan sebuah teori baru tentang pengelolaan CSR pada perusahaan yang masyarakat sekitarnya beragama Islam, dengan memperhatikan kearifan lokal (local Wisdom). yakni apabila masyarakatnya muslim maka pengelolaannya sesuai dengan tuntunan Islam.Setiap Program yang ditujukan kepada masyarakat muslim sebaiknya selaras dengan Maqashid Al Syariah yaitu : pengembangan agama, akal, jiwa, keturunan dan harta benda. sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera dunia akhirat.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. EI. 12-19 Qul p
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Corporate Social Responsibility, Maqashid Al Syariah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Doktoral Ilmu Ekonomi Islam
Creators:
CreatorsNIM
A. SYIFA’UL QULUB, 091217077306UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMUSLICH ANSHORI, '0021035207UNSPECIFIED
Thesis advisorAhmad Zahro, Prof. Dr., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Sep 2019 10:10
Last Modified: 19 Sep 2019 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item