RANCANGAN PERBAIKAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BARU DI PT. X PADA LINI PRODUKSI WIRING HARNESS DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA

KHOLID RAMADHANI, 041524353066 (2019) RANCANGAN PERBAIKAN PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BARU DI PT. X PADA LINI PRODUKSI WIRING HARNESS DENGAN PENDEKATAN SIX SIGMA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (74kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai dampak positif dan negatif timbul seiring dengan meningkatnya jumlah produk baru pada lini produksi wiring harness PT. X di tahun 2018. Dampak positif tercermin dari performa perusahaan yang mampu meningkatkan pendapatan penjualan dan proses produksi yang lebih efisien. Dampak negatif mengakibatkan meningkatnya jumlah defect pada proses produksi dan diikuti dengan meningkatnya customer claim pada produk baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab defect yang terjadi pada produk baru di PT X dengan menggunakan root cause analysis. Tujuan selanjutnya adalah merancang pengendalian kualitas yang tepat sehingga dapat menurunkan jumlah defect pada produk baru di PT X. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dimana data dan informasi lainnya diperoleh dengan wawancara dan dokumentasi dokumen dan laporan terkait yang terkait dengan pencapaian kualitas. Tahap penyelesaian penelitian ini menggunakan konsep DMAIC sebagai tindakan perbaikan maupun peningkatan berkelanjutan pencapaian kualitas. Kategori defect yang dominan pada produk baru adalah “taping option tidak ada” dan TBO. Rancangan pengendalian kualitas yang dilakukan adalah menambahkan proses kontrol kualitas oleh QC setelah proses sub assembling, menambahkan proses verifikasi alat dan fasilitas produksi sebelum produksi masal dan menambahkan cek poin defect deformasi pada bagian dalam konektor di pemeriksaan kedatangan material.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 40/19 Ram r
Uncontrolled Keywords: Quality management system, Six sigma, DMAIC, defect
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
KHOLID RAMADHANI, 041524353066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBasuki, '0015055807UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:21
Last Modified: 20 Sep 2019 02:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87109
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item