Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Upaya Emperoleh Kepuasan Pelanggan Di Hotel Holiday Inn Melaka, Malaysia

Annissa Navel Azzukhruf (2019) Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Upaya Emperoleh Kepuasan Pelanggan Di Hotel Holiday Inn Melaka, Malaysia. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
FV.MP.36-19 ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FV.MP.36-19 DAFTAR ISI.pdf

Download (422kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FV.MP.36-19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FV.MP.36-19 FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Upaya Memperoleh Kepuasan Pelanggan di Hotel Holiday Inn Melaka, sudah sangat baik jika dilihat dari empat prinsip utama TQM yang sudah ada, tetapi tetap butuh perbaikan secara terus-menerus. Untuk meningkatkan mutu pelayanannya kepada tamu, hotel Holiday Inn melaka berusaha semaksimal mungkin dalam menerapkan TQM di hotel. Hal ini terbukti dengan adanya upaya pengimplementasian TQM yang dijalankan di hotel tersebut seperti adanya pelatihan untuk para karyawan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Disamping itu, sebagai bentuk indikasi diterapkannya TQM adalah bentuk kerjasama diantara semua komponen perusahaan mulai dari pimpinan sampai dengan bawahan ataupun kerja sama antar karyawan. Indikasi yang lain yaitu perbaikan berkesinambungan untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui perbaikan sarana dan prasarana yang ada di hotel. Dari segi internal, Hotel Holiday inn Melaka sudah memiliki sumber daya manusia (karyawan) yang berkompeten dan berpengalaman dalam bidangnya serta sesuai dengan pengaplikasian TQM, tetapi permasalahan yang dihadapi adalah sumber daya manusia yang belum sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan hal ini berkaitan dengan standart operasional prosedur dalam pemberian pelayanan kepada tamu serta jumlah sumber daya manusia yang terlalu sediki, khususnyadi food and beverage departemen. Perbaikan semacam ini yang harus diperhatikan oleh hotel agar terciptanya sumber daya manusia yang professional untuk melayani para tamu.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MP.36/19 Azz p
Uncontrolled Keywords: Total quality management, kepuasan pelanggan, hotel
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perhotelan
Creators:
CreatorsNIM
Annissa Navel AzzukhrufNIM151611113057
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Yulie ReindrawatiNIDN0007077604
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 11 Feb 2020 00:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87277
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item