NOFITA FIRDAUS, 071511433010 (2019) KEHIDUPAN SALES PROMOTION PT. MATAHARI DEPARTMENT STORE MOJOKERTO DALAM PERSPEKTIF DRAMATURGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FIS S 58 19 Fir k.pdf Restricted to Registered users only until 25 September 2022. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL-FIRDAUS_071511433010.PDF.pdf Download (190kB) |
Abstract
Sales promotion merupakan ujung tombak dari perusahaan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Tugas utama dari profesi ini adalah untuk mempromosikan produk kepada konsumen dan membuat citra positif terhadap produk yang dijualnya. Studi ini berfokus pada kehidupan sosial sales promotion Matahari Department Store Mojokerto dengan menggunakan teori dramaturgi oleh Erving Goffman. Teori ini menganalisis paggung depan, panggung belakang serta impression management yang dilakukan oleh aktor dalam melakukan perannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif, Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik snowball. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam sebagai data primer yang meliputi wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan data sekunder berasal dari studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam front stage sales promotion penampilan yang terlihat mewah, menawan, ramah, sopan santun ketika mereka dihadapan konsumen merupakan tuntutan pekerjaan yang harus dilakukan, simbolsimbol yang digunakan oleh mereka saat melakukan “sandiwara” dalam panggung depan adalah menggunakan pakaian yang sexy, make up tebal, berbicara dengan lemah lembut atau terkesan genit danterdapat SPB yang berpenampilan dan berbicara layaknya seorang perempuan serta menggunakan gestur-gestur tubuh untuk memberikan pelayanan pada customernya. Dalam front stage mereka seringkali mendapatkan perlakuan diskriminatif dari pihak manajemen maupun dari customer. Respon sales promotionpun terhadap orang dilingungan kerjanya beragam bergantung pada situasi dan kondisi yang dialami oleh mereka. Sedangkan dalam back stage, apa yang terlihat tersebut seringkali tidak sesuai dan berbeda dengan kehidupan aslinya diluar pekerjaannya yang diwujudkan dalam kehidupan yang sangat sederhana, berlatar belakang dari keluarga yang miskin, dan keadaan keluarga yang broken home serta harapan dari mereka akan adanya gaji yang layak, tidak ada pemotongan gaji serta perlakuan yang diskriminatif dari pihak manapun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS S 58/19 Fir k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Sales Promotion, Dramaturgi, Front stage, Back stage, Matahari Department Store Mojokerto | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2019 09:38 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2019 09:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87562 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |