Kharisma Pramastuty, 071511433091 (2019) PILIHAN RASIONAL PENGAJAR DALAM MENGAJAR DI KOMUNITAS SAVE STREET CHILD SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FIS S 53 19 Pra p.pdf Restricted to Registered users only until 25 September 2022. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf Download (245kB) |
Abstract
Tindakan yang dilakukan para pengajar komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS) untuk mengajar anak-anak jalanan bersifat ikhlas dan tanpa pamrih justru mereka mengeluarkan tenaga, waktu, dan finansialnya untuk melakukan tindakannya di komunitas ini. Namun kenyataannya para pengajar menginginkan keuntungan dari tindakannya sehingga memiliki tujuan yang berbeda-beda untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Maka studi pilihan rasional para pengajar di komunitas Save Street Child Surabaya ini memfokuskan pada pertimbangan pengajar bergabung di komunitas Save Street Child Surabaya sebagai pilihan rasionalnya serta upaya apa yang dilakukan para pengajar dalam mengajar anak jalanan. Studi ini menggunakan teori Pilihan Rasional dari James S. Coleman dan didukung dengan teori Tindakan Sosial dari Max Weber dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskripsi. Teknik penentuan informan menggunkan metode purposive dan Snowball dengan mengambil tujuh informan pengajar dari empat wilayah belajar yaitu wilayah Taman Bungkul, Tidar, Ambengan Selatan Karya, dan Jembatan Merah Plaza. Hasil penelitian ini bahwa pertimbangan pengajar untuk bergabung di komunitas adalah karena nilai-nilai amal dan rasa kasihan pada anak jalanan, sehingga para pengajar tidak sepenuhnya memilih tindakan yang rasional karena mereka memiliki kegiatan yang lain yang diprioritaskan dibandingkan komunitas sosial Save Street Child. Maka dari itu tindakan yang dipilih para aktor berdasarkan kesadaran pada nilai-nilai tertentu dan tindakan affectual yang dimiliki oleh setiap manusia. Sedangakan upaya yang dilakukan para pengajar dalam mengajar anak jalanan yakni lebih memotivasi mereka, merelakan waktu dan tenaga untuk mereka, dan bukan mengajari tapi mengarahkan mereka. Apapun tujuan para pengajar bergabung di komunitas, jika tidak ada relasi kedekatan dengan anak jalanan, maka tujuan mereka tidak akan tercapai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS S 53/19 Pra p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Komunitas Save Street Child Surabaya, Anak Jalanan, Pilihan Rasional, Tindakan Sosial. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2019 10:17 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2019 10:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87567 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |