INSTITUSIONALISASI BUDAYA ORGANISASI DI IRJ (INSTALASI RAWAT JALAN) RSUD DR. SOETOMO DALAM MENUNJANG PELAYANAN PUBLIK

Mirda Nova Aswarinda, 071411133018 (2019) INSTITUSIONALISASI BUDAYA ORGANISASI DI IRJ (INSTALASI RAWAT JALAN) RSUD DR. SOETOMO DALAM MENUNJANG PELAYANAN PUBLIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS HI 84 19 Asw i.pdf
Restricted to Registered users only until 27 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL Mirda Nova Aswarinda (071411133018).PDF.pdf

Download (466kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan apakah budaya organisasi di RSUD Dr. Soetomo telah terinstitusionalisasi secara baik dalam proses pelayanan publik, serta untuk mengetahui dan menggambarkan upaya RSUD Dr. Soetomo menginstitusionalisasikan budaya organisasi dalam menunjang pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling dan snow-ball sampling, dengan teknik pengumpulan data meliputi: wawancara mendalam, observasi, dokumen-dokumen kualitatif, serta materi audio dan visual kualitatif. Sedangkan teknik analisis data menggunakan 3 prosedur, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa institusionalisasi budaya organisasi dalam proses pelayanan publik berjalan dengan baik, dilihat dari budaya melayani sebagai bagian budaya organisasi. Kemudian ada nilai-nilai dalam budaya organisasi, namun hanya 4 yang bisa dikatakan kuat, yakni nilai etika, ingetritas, kemitraan, dan keadilan. Hal tersebut dilihat dari cara mendisiplinkan pegawai dalam jam kehadiran terdapat cek clock, ini masuk dalam proses kelembagaan coercive. Untuk proses kelembagaan mimetic dapat dilihat dalam pemberian pelayanan, pegawai harus bersikap sabar, ramah, sopan, bisa bekerja dalam tim, dan dalam pekerjaan sehari-hari menggunakan seragam yang ditentukan, serta apabila ada permasalahan, maka akan diselesaikan pada level/tingkat terdekat. Untuk reward, sesuai dengan target prestasi kerja setiap masing-masing pegawai. Hal tersebut, dikarenakan adanya upaya menginstitusionalisasikan budaya organisasi dalam menunjang pelayanan publik. Dengan cara memberikan sosialisasi, diklat, pelatihan-pelatihan, diadakan pertemuan-pertemuan rutin dan lain-lain, hal tersebut termasuk proses kelembagaan normative.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 84/19 Asw i
Uncontrolled Keywords: Institusionalisasi, Budaya Organisasi, Pelayanan Publik, Instalasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Dr. Soetomo.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Mirda Nova Aswarinda, 071411133018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Antun Mardiyanta, Drs.,MA.,, NIDN: '0031106106UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Sep 2019 07:24
Last Modified: 27 Sep 2019 07:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item