PEMILIHAN AKTIVITAS FUNDRAISING ZAKAT PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT DI JAWA TIMUR (PENDEKATAN ANALYTIC NETWORK PROCESS)

NOVEN LUKITO HADI SAPUTRO, 041411431117 (2019) PEMILIHAN AKTIVITAS FUNDRAISING ZAKAT PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT DI JAWA TIMUR (PENDEKATAN ANALYTIC NETWORK PROCESS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (94kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FEB.EI 180-19 Sap p.pdf
Restricted to Registered users only until 2 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ada berbagai metode organisasi pengelola zakat dalam melakukan aktivitas fundraising. Metode-metode yang paling umum dikelompokan sebagai berikut; fundraising langsung, fundraising tidak langsung dan digital fundraising. Penelitian ini bertujuan untuk memilih aktivitas fundraising yang paling berpengaruh bagi organisasi pengelola zakat di Jawa Timur menggunakan sudut pandang tujuh narasumberpraktisi dan tujuh narasumber akademisi.Kelompok praktisi adalah tujuh orang praktisi fundraising zakat perwakilan dari YDSF, LMI Jawa Timur, Yatim Mandiri, Nurul Hayat, BAZNAS Jawa Timur, Dompet Dhuafa Jawa Timur dan IZI Jawa Timur. Kelompok akademisi diambil dari empat orang akademisi zakat di Universitas Airlangga, Surabaya; dua orang akademisi zakat di Universitas Internasional Semen Indonesia, Gresik; dan satu orang akademisi dari UIN Sunan Ampel, Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analytic Network Process dan konstruksi model BOCR (Benefit, Opportunity, Cost, Risk). Menurut hasil penelitian ini, baik kelompok praktisi maupun kelompok akademisi berpendapat bahwa aktivitas fundraising zakat pada organisasi pengelola zakat yang paling berpengaruh di Jawa Timur adalah fundraising langsung. Namun,mereka berbeda pendapat pada urutan keduanya. Sedangkan menurut kelompok keseluruhan, yang paling berpengaruh adalah fundraising langsung,yangkedua adalah digital fundraising dan yang ketiga adalah fundraising tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI 180/19 Sap p
Uncontrolled Keywords: Fundraising Activities, Zakat Management Organizations, Analytic Network Process
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K4430-4675 Public finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
NOVEN LUKITO HADI SAPUTRO, 041411431117UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRADITYA SUKMANA, 0013047605UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 02 Oct 2019 05:50
Last Modified: 02 Oct 2019 05:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88144
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item