Indira Alaika, 071511633076 (2019) KOMERSIALISASI DI BALIK AKTIVITAS PRODUKSI DAN KONSUMSI (PROSUMER) INFORMASI DI KALANGAN SELEBGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FIS IIP 46 19 Ala k.pdf Restricted to Registered users only until 8 October 2022. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
JURNAL_INDIRA ALAIKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Pengaruh revolusi teknologi informasi dan komunikasi yang dikatalisasi oleh adanya internet menyebabkan informasi menjadi penting bahkan dikomodifikasi. Aktivitas produksi konten berupa teks foto dan video yang dilakukan oleh para selebgram telah berkembang menjadi sebuah aktivitas komodifikasi informasi berupa iklan dalam jaringan yang dikemas secara persuasif dan manipulatif dengan melibatkan unsur-unsur endorsement untuk mendapatkan perhatian dan keuntungan material dari popularitasnya di dunia maya. Konsep dari teori Prosumer yang dikemukakan oleh Alfin Toffler dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi dan konsumsi informasi serta kepentingan yang mendasari selebgram dibalik aktivitas prosumer. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekuatan-kekuatan komersial kapitalisme perusahaan dan e-commerce yang berada dibalik aktivitas endorsement di kalangan remaja. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi etnografi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang dipilih dengan kriteria yang telah di tentukan. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari wawancara mendalam, observasi partisipan, literatur dalam jurnal, buku teks, situs website, serta pengamatan secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini menghasilkan beragam temuan, yang pertama adalah bagaimana proses produksi dan konsumsi informasi dikalangan selebgram serta kepentingan-kepentingan yang mendasari selebgram dalam melakukan proses produksi dan konsumsi informasi. Yang kedua, terdapat kekuatan-kekuatan komersial kapitalisme dari perusahaan dan e-commerce yang berada dibalik aktivitas endorsement dan yang terakhir, penelitian ini juga menghasilkan tipologi selebgram dalam aktivitas prosumer dan kekuatan komersial kapitalisme, yakni selebgram sebagai content creator dan selebgram sebagai influencer.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS IIP 46/19 Ala k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Selebgram, Endorsement, Prosumer, Komersial | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1021-1022 Commercial agency | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2019 01:51 | ||||||
Last Modified: | 08 Oct 2019 01:51 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88443 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |