MODALITAS BERBAHASA MENULIS ANAK DISLEKSIA USIA 7-11 TAHUN DI SEKOLAH INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

INTAN AYU ZIAWASARI, 121511133130 (2019) MODALITAS BERBAHASA MENULIS ANAK DISLEKSIA USIA 7-11 TAHUN DI SEKOLAH INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fs.Bi.111-19 Zia m abstrak.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Fs.Bi.111-19 Zia m daftar isi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Fs.Bi.111-19 Zia m daftar pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fs.Bi.111-19 Zia m.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi berjudul “Modalitas Berbahasa Menulis Anak Disleksia Usia 7-11 Tahun di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya: Kajian Psikolinguistik” ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil tulisan berupa kata dasar dan kata bentukan. Hal ini berhubungan dengan tataran bidang ilmu morfologi. Morfologi merupakan bidang ilmu dalam linguistik yang membahas tentang pembentukan kata. Skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena data yang dihasilkan berupa analisis deskripsi untuk menggambarkan tentang pemerolehan modalitas berbahasa menulis anak disleksia. Teknik yang digunakan yaitu berupa wawancara, simak libat cakap, dan catat. Skripsi ini melibatkan empat informan yang masih dalam proses penyembuhan. Informan memiliki hasil tulisan yang bervariasi. Selama tes tulis berlangsung, muncul berbagai macam kesulitan yang dialami oleh informan. Kesulitan yang muncul tersebut meliputi ketidakmampuan informan dalam menulis kata yang memiliki bunyi nasal, sering mengabaikan konsonan atau vokal rangkap berdampingan sehingga hanya menuliskan satu konsonan atau vokal saja. sering meengganti, menghilangkan, atau menambahi vokal/konsonan dalam kata ,dan sering mengabaikan konsonan pada suku tertutup. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat diketahui bahwa kondisi informan berpengaruh dalam pemerolehan menulis kata. Disleksia memiliki dua tipe, yaitu disleksia auditori dan disleksia visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI 111/19 Zia m
Uncontrolled Keywords: Disleksia, Modalitas Berbahasa Menulis, Kata Dasar, Kata Bentukan, Psikolinguistik.
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
INTAN AYU ZIAWASARI, 121511133130UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Luita Aribowo S.S., M.A., NIDN: '0005087103UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:02
Last Modified: 09 Oct 2019 08:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/88662
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item