INOVASI SELEMPANG MERA (SELAMATKAN PASIEN PASUNG MELALUI TIM PASUKAN PEMUTUS RANTAI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN JIWA DI PUSKESMAS OMBEN KABUPATEN SAMPANG

Jalila Warastri, 071511133029 (2019) INOVASI SELEMPANG MERA (SELAMATKAN PASIEN PASUNG MELALUI TIM PASUKAN PEMUTUS RANTAI ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN JIWA DI PUSKESMAS OMBEN KABUPATEN SAMPANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 39-19 War i abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Fis. AN. 39-19 War i daftar isi.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Fis. AN. 39-19 War i daftar pustaka.pdf

Download (69kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 39-19 War i.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan inovasi Selempang Mera dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan jiwa di puskesmas Omben Kabupaten Sampang. Banyaknya jumlah pasien gangguan jiwa khususnya yang dipasung di wilayah kerja puskesmas Omben membuat Puskesmas Omben melakukan sebuah terobosan inovasi yaitu Selempang Mera. Inovasi selempang mera adalah upaya Puskesmas Omben untuk membebaskan orang dengan gangguan jiwa yang dipasung dengan pemutusan rantai yang dilakukan oleh gabungan tim yang dinamai dengan Tim Samurai ODGJ (Pasukan Pemutus Rantai Orang Dengan gangguan Jiwa). Inovasi ini bertujuan untuk meningkatakan efektivitas penangan orang dalam gangguan jiwa agar menekan kasus pasung di sampang khususnya di wilayah kerja Puskesmas Omben. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknk penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi dokumen dan materi audio atau visual. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemerikssaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan Kesehatan Jiwa yang dilakukan oleh Puskesmas Omben Kabupaten Sampang dapat dikatakan sudah baik. Karena pelayanan kesehatan jiwa di Puskesmas Omben kabupaten Sampang telah memenuhi unsur - unsur dimensi kualitas pelayanan. Selain itu Inovasi Selempang Mera telah memenuhi karakteristik sebagai inovasi serta telah mampu menunjang dan meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa di Puskesmas Omben Kabupaten Sampang. Namun demikian, inovasi ini memiliki beberapa kekurangan terkait dengan pelaksanaan inovasi yang masih memiliki kendala dan hambatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 39/19 War i
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan Publik, Inovasi, Kesehatan Jiwa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Jalila Warastri, 071511133029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Eko Supeno, Drs.,M.Si., NIDN: '0007086202UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:09
Last Modified: 18 Dec 2019 03:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89681
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item