PERSPEKTIF HUMAN GOVERNANCE DALAM KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

Dian Rizkita Puspitasari, 071511133040 (2019) PERSPEKTIF HUMAN GOVERNANCE DALAM KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fis. AN. 60-19 Pus p abstrak.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Fis. AN. 60-19 Pus p daftar isi.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Fis. AN. 60-19 Pus p daftar pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis. AN. 60-19 Pus p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untk mengetahui kualitas pelayanan public dalam pembuatan akta kelahiran dalam prespektif human governance. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasilangsung di lapangan, studi dokumentasi, dan wawancara mendalam dengan informan. Penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu pihak-pihak yang mengetahui banyak tentang pelayanan pembuatan akta kelahiran. Teknik pemeriksaan keabsaan data yang digunakan yaitu triangulasi data. Serta teknik analisis data yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan public dalam prespektif human governance di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya sudah cukup baik kususnya pelayanan di bidang pembuatan akta kelahiran. Hal ini diketahui dari lima indikator kualitas pelayanan public seperti sarana dan prasarana yang cukup layak, kecermatan pelayanan public, tindakan dan tanggapan dalam menghadapi kebutuhan masyarakat, jaminan waktu dan biaya, serta sikap empati yang diterapkan didalam pelayanan sudah cukup baik ditunjang dengan bukti meningkatnya masyarakat yang memiliki akta kelahiran namun adanya sedikit permasalahan seperti kurang fahamnya masyarakat akan pentingnya akta kelahiran bagi mereka yang belum mengurusnya. Jika dilihat dari empat indicator human governance seperti akuntabilitas social dalam perencanaan, realisasi, penyerapan anggaran dan evaluasi sudah berjalan dengan baik namun harus memperbaiki SDM yang ada, partisipasi masyarakat meningkatnya masyarakat dalam pengurusan akta kelahiran namun ada beberapa masyarakat yang belum mengurus, komptetisi di tingkat global dengan mengeluarkar langah sstrategis kemudahan pelayanan, serta kinerja administrative yang adaptif dengan menerapkan pelayanan prima dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 60/19 Pus p
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Human Governace, Akta Kelahiran
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Dian Rizkita Puspitasari, 071511133040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Bintoro Wardiyanto. Drs., Msi, NIDN: '0024126104UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Oct 2019 08:29
Last Modified: 18 Dec 2019 03:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89752
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item