HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN, MOTIVASI DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Pada Pekerja Bagian Pengelasan Pembentukan Kerangka Rak Di Home Industry UD. King Rack, Surabaya, Jawa Timur)

NI’MATUL MAWADDAH, 101511133170 (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN, MOTIVASI DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Studi Pada Pekerja Bagian Pengelasan Pembentukan Kerangka Rak Di Home Industry UD. King Rack, Surabaya, Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FKM.244-19 Maw h abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text
FKM.244-19 Maw h daftar isi.pdf

Download (65kB)
[img] Text
FKM.244-19 Maw h daftar pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.244-19 Maw h.pdf
Restricted to Registered users only until 28 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UD. King Rack Surabaya merupakan home industry pengolahan pembentukan rak. Salah satu proses produksi adalah pengelasan pembentukan kerangka rak. Produktivitas kerja dalam menghasilkan kerangka rak berhubungan dengan kepuasan kerja, motivasi kerja, dan semangat kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara kepuasan, motivasi dan semangat kerja terhadap produktivitas kerja pada pekerja bagian pengelasan pembentukan kerangka rak di Home Industry UD. King Rack Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan rancang bangun cross sectional. Penelitian dilakukan pada pekerja bagian pengelasan pembentukan kerangka rak yang berjumlah 12 orang. Data diperoleh melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Variabel yang diteliti meliputi: karakteristik individu (usia, pengalaman, pendidikan), kepuasan kerja, motivasi kerja, semangat kerja, dan produktivitas kerja. Analisis data menggunakan tabulasi silang dan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja berusia antara 20-29 tahun, mayoritas pekerja memiliki pengalaman kerja 0-4 tahun, dan mayoritas pekerja memiliki pendidikan Sekolah Dasar (SD). Pekerja mempunyai produktivitas rendah dan baik. Analisis hubungan menggunakan korelasi Spearman menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan yang sangat kuat dan searah antara motivasi kerja dengan produktivitas kerja (koefisien korelasi=1,000). Ada hubungan antara pendidikan dengan produktivitas kerja (koefisien korelasi = 0,475). Tidak ada hubungan antara karakteristik individu (usia dan pengalaman) dengan produktivitas kerja, kepuasan kerja dengan produktivitas kerja dan semangat kerja dengan produktivitas kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara pendidikan dengan produktivitas kerja dan motivasi kerja dengan produktivitas kerja. UD. King Rack disarankan meningkatkan produktivitas kerja dengan meningkatkan motivasi kerja. Meningkatkan motivasi kerja melalui perbaikan sistem target harian jumlah kerangka rak yang harus dihasilkan untuk masing-masing bentuk kerangka rak dan melakukan rotasi harian bentuk kerangka rak yang harus dikerjakan oleh masing-masing pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 244/19 Maw h
Uncontrolled Keywords: kepuasan, motivasi, semangat, produktivitas kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NI’MATUL MAWADDAH, 101511133170UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Indriati Paskarini, S.H., M.Kes., NIDN: '0011046603UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 28 Oct 2019 01:32
Last Modified: 28 Oct 2019 01:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item