ANALISIS PEMILIHAN PEMASOK TERBAIK MENGGUNAKAN ANALYTIC NETWORK PROCESS PADA PT ASSANA KONSULT INDONESIA

REFI ANTA FITRI, 041411223052 (2019) ANALISIS PEMILIHAN PEMASOK TERBAIK MENGGUNAKAN ANALYTIC NETWORK PROCESS PADA PT ASSANA KONSULT INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B 335-19 Fit a.pdf
Restricted to Registered users only until 1 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Faktor lingkungan saat ini menjadi aspek yang sangat dipertimbangkan dalam industri manufaktur. Pelanggan sudah sadar akan kelestarian lingkungan sehingga menuntut produk yang ramah lingkungan. Permintaan ini perlu direspon perusahaan dengan melakukan supply chain management yang lebih peduli pada lingkungan yakni green supply chain management (GSCM). Aktivitas yang sangat penting dalam GSCM adalah pemilihan supplier untuk memenuhi kebutuhan bahan baku dan operasional perusahaan. Pemilihan supplier memerlukan kriteria perusahaan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu metode pemilihan supplier yag digunakan adalah kriteria ekonomi dan kriteria lingkungan. Metode ini tidak hanya mengukur satu supplier saja, tetapi juga dapat dibandingkan hasil skornya dengan supplier yang lain. Hal ini yang dapat membantu manajemen untuk memilih supplier lebih objekitif. Manajemen dapat memilih supplier dengan kriteria dan masing masing kriteria akan diberi bobot prioritas paling diutamakan oleh manajemen. Peneliti menganalisa pembobotan kriteria ini dengan melakukan metode analytic network process. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur furniture yang sudah berdiri sejak tahun 2008 di Sidoarjo. Perusahaan menggunakan cara tradisional berdasarkan harga dan kualitas untuk memilih supplier, sehingga peneliti berusaha merumuskan bobot pemilihan supplier yang bertujuan untuk membantu manajamen memilih supplier dengan objektif dan efektif. Hasil penelitian ini mengindikasikan manajemen memprioritaskan harga produk yang ditawarkan oleh supplier daripada kriteria yang lain. Kemudian manajemen mempertimbangkan kebijakan supplier dalam memperdulikan aspek lingkungan khususnya pada pemilihan bahan mentah yang digunakan dan pengendalian polusi. Setelah itu prioritas selanjutnya adalah kualitas kayu yang ditawarkan supplier. Selanjutnya adalah kriteria delivery.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.335/19 Fit a
Uncontrolled Keywords: Supplier selection, Supply chain management, Suppliers, Analytic Network process, pairwise comparison
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
REFI ANTA FITRI, 041411223052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHERMAWANTOUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:32
Last Modified: 01 Nov 2019 07:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/90356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item