Phonological Awareness In Reading By Indonesian First Grade Students Of Sdn Airlangga I/198 Surabaya

ANI SETIAWATI (2019) Phonological Awareness In Reading By Indonesian First Grade Students Of Sdn Airlangga I/198 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 84-19 Set p abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 84-19 Set p daftar isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 84-19 Set p daftar pustaka.pdf

Download (69kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejumlah penelitian telah mengidentifikasi kesadaran fonologis sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca, tetapi belum banyak penelitian yang membahas tentang kinerja siswa kelas satu pada tugastugas kesadaran fonologis dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini mengidentifikasi kesadaran fonologis dalam membaca pada 54 siswa kelas satu SDN Airlangga I/198 melalui tugas-tugas kesadaran fonologis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan lima tugas kesadaran fonologis, yaitu identifikasi huruf, identifikasi fonem, penggabungan fonem, penambahan suku kata, dan identifikasi kata semu. Phonological Awareness dan Components of Reading oleh Melzi dan Schick (2013) digunakan untuk mengidentifikasi kesadaran fonologis peserta dalam membaca, sedangkan Metaphonological Awareness oleh Hester dan Hodson (2009), Phonological Awareness oleh Trehearne (2003), dan Indonesian Vowel and Consonant Phonemes oleh Alwi et al. (2003) digunakan untuk menafsirkan temuan dari respon peserta pada tugastugas kesadaran fonologis. Hasil analisis data mengungkapkan bahwa secara keseluruhan jawaban peserta pada hampir semua tugas-tugas kesadaran fonologi dalam membaca adalah benar dengan prosentase 90% jawaban benar, kecuali pada tugas identifikasi fonem dengan prosentase 83.7% jawaban benar. Hasil ini berarti bahwa perkembangan fonologis peserta dalam membaca pada level kata dan kalimat sudah bagus dan mereka juga memiliki kesadaran yang bagus akan konsep huruf (grafem), fonem (bunyi), suku kata, kata, dan korespondensi antara grafem dan fonem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.84/19 Set p
Uncontrolled Keywords: siswa kelas satu, kesadaran fonologis, membaca
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > PE1585 English language -Semantics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
ANI SETIAWATINIM121711223020
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMashita Achmad SyukriNIDN0022127005
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 2015
Last Modified: 15 Dec 2023 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91127
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item