Semantic Categories In The Abstracts Of Elt (English Language Teaching) Journals At National, Regional And International Levels

Irvana Iftitah (2019) Semantic Categories In The Abstracts Of Elt (English Language Teaching) Journals At National, Regional And International Levels. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
FS. BE. 163-19 Ift s abstrak.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
FS. BE. 163-19 Ift s daftar isi.pdf

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
FS. BE. 163-19 Ift s daftar pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BE. 163-19 Ift s.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengilustrasikan persamaan dan perbandingan dari pilihan kata dan kategori semantik dari abstrak jurnal English Language Teaching (Pembelajaran Bahasa Inggris) di level nasional, daerah Asia, dan internasional. Data yang digunakan adalah korpus yang diperoleh dari TEFLIN Indonesia, the Journal of Asia TEFL, dan TESOL Quarterly diterbitkan pada tahun 2015-2019. Data ini terdiri dari 150 abstrak dari artikel jurnal tersebut. Untuk menganalisis datanya, penelitian ini menggunakan teori pengelompokan kosakata oleh Nation (2001) dan riset lanjutannya mengenai mid-frequency oleh Nation dan Anthony (2013) dan kategori semantik dari sistem analisis semantic UCREL oleh Archer, Wilson and Rayson (2002). Hasilnya menunjukkan bahwa semua jurnal di penelitian ini memiliki kata akademis yang tinggi. Kategori semantic yang ditemui di semua jurnal memiliki tingkat persamaan yang hamper sama di mana ada kelompok A (istilah umum dan abstrak), Z (nama dan tata bahasa), X (aksi, keadaan, dan proses psikologi), S (aksi, keadaan, dan proses sosial), Q (bahasa dan komunikasi), N (nomor dan pengukuran), and M (perubahan, lokasi, perjalanan, dan transportasi). Hal ini mengindikasikan bahwa semua jurnal mendiskusikan dan mengadakan penelitian mengenai proses pembelajaran Bahasa Inggris sebagai salah satu penelitian linguistik. Perbedaan ditandai dengan tingkat ke sepuluh di mana TEFLIN lebih fokus ke kategori P (Pendidikan), Asia TEFL focus ke E (Emosi), dan TESOL fokus ke G (Publik dan pemerintahan). Karenanya, peneliti memiliki perbedaan tujuan untuk memilih isu terkini sesuai wilayahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BE.163/19 Ift s
Uncontrolled Keywords: Abstrak, Pembelajaran Bahasa Inggris, artikel jurnal, kategori semantik
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Irvana IftitahNIM121511233040
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Wulandari SetyaningsihNIDN0027037108
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:07
Last Modified: 31 Jan 2020 10:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91268
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item