Pandangan Pencerita Dan Maknanya Dalam Novel Kamu Cerita Yang Tidak Perlu Dipercaya Karya Sabda Armandio: Kajian Naratologi

Kharuna Cahyanti (2019) Pandangan Pencerita Dan Maknanya Dalam Novel Kamu Cerita Yang Tidak Perlu Dipercaya Karya Sabda Armandio: Kajian Naratologi. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FS.BI.135 Cah p.pdf

Download (419kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FS.BI.135 Cah p.pdf

Download (416kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FS.BI.135 Cah p.pdf

Download (426kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FS.BI.135 Cah p.pdf
Restricted to Registered users only until 22 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pandangan Pencerita dan Maknanya dalam Novel Kamu Cerita yang Tidak Perlu Dipercaya Karya Sabda Armandio: Kajian Naratologi” ini bertujuan untuk mengungkapkan pandangan pencerita mengenai masalah-masalah yang dihadapi teman-temannya. Di antaranya adalah, kenakalan di sekolah, hamil di luar pernikahan, bunuh diri karena depresi, Ujian Nasional yang membuat pikiran tertekan, kisah asmara remaja. Serta mengusung pandangan pencerita mengenai masalah alam seperti kebakaran hutan dan punahnya Orang Utan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori naratologi pandangan pencerita yang dikembangkan oleh Gerard Genette. Dilihat dari sudut pandang tokoh Aku yang memiliki posisi sebagai pencerita mengungkapkan beberapa permasalahan remaja dan ekosistem yang terjadi secara umum di masyarakat. Hasil pemaknaan pandangan pencerita terhadap permasalahan yang diusung, pencerita menyikapi setiap persoalan yang dihadapi teman-temannya. Terdapat beberapa makna dari pandangan pencerita yaitu tentang kehamilan bagi perempuan dipandang wajar meskipun belum menikah. Tindakan bunuh diri yang bukan merupakan penyelesaian dari segala masalah di dunia. Manusia harus sadar akan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem serta perlunya menjaga populasi Orang Utan, sehingga keseimbangan alam tetap terjaga. Secara keseluruhan cerita ini menunjukkan beberapa kenakalan remaja dan permasalahan ekosistem yang terjadi pada masa lalu, namun di masa sekarang kedua masalah tersebut masih tetap sering terjadi. Oleh karena itu, pencerita ingin mengubah pikiran manusia agar lebih terbuka terhadap kedua masalah yang tetap terjadi hingga sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FS.BI.135/19 Cah p
Uncontrolled Keywords: novel, tokoh, pandangan pencerita, makna
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Kharuna CahyantiNIM121511133010
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBramantioNIDN0004058106
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:56
Last Modified: 29 Jan 2020 06:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91410
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item