THE INVOCATION OF RUWATAN IN TULUNGAGUNG: AN ETHNOPOETIC EXPLORATION

LEVINDA HESTY SURYAWARDHANI, 121714253005 (2019) THE INVOCATION OF RUWATAN IN TULUNGAGUNG: AN ETHNOPOETIC EXPLORATION. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TIL. 08-19 Sur i ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
TIL. 08-19 Sur i DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
TIL. 08-19 Sur i DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TIL. 08-19 Sur i BR.pdf
Restricted to Registered users only until 26 November 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menyajikan sebuah diskusi tentang mantra ruwatan yang dilaksanakan di Tulungagung, Jawa Timur yang dibedah dengan mata pisau etnopuitika. Penelitian ini diawali dengan mengkaji beberapa penelitian terkait yang menyoroti tradisi ruwatan, yang faktanya, meskipun tradisi ruwatan terhitung menarik untuk diteliti, aspek kebahasaan dari tradisi ruwatan ternyata masih luput dari atensi para peneliti. Maka dari itu, penelitian ini lahir, menjadi mata untuk melihat lebih dalam tentang ruwatan, khususnya bagian mantra, dari sudut pandang bahasa dengan menggunakan kacamata etnopuitika. Penelitian ini bertujuan untuk menyoroti bentuk-bentuk bangunan estetik bahasa mantra ruwatan dan menginterpretasi makna budaya yang melekat pada kata-kata dengan frekuensi tertinggi yang ditampilkan. Untuk menginvestigasi isu tersebut, penelitian ini mengadopsi desain pendekatan deskriptif kualitatif. Bagian mantra dari tradisi ruwatan digunakan sebagai data primer yang disajikan. Data dijaga keotentikannya melalui perekaman audio. Penelitian ini menghasilkan temuan berupa (1) manifestasi bentuk estetik bahasa mantra ruwatan dalam bentuk estetik spesifik, bentuk estetik linguistik, dan bentuk estetik puitik yang membuat bahasa mantra ruwatan enjadi estetik, spesifik, dan efektif dan (2) interpretasi makna budaya dari kata dengan frekuensi tertinggi mengisyaratkan bahwa mantra ruwatan sesungguhnya adalah sebuah doa yang terintegrasi dalam budaya lisan penuturnya. Berdasarkan temuan diatas, penelitian selanjutnya diharapkan dapat membedah lebih tajam lagi tentang tradisi ruwatan dengan berbagai pisau disiplin keilmuan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TIL. 08-19 Sur i
Uncontrolled Keywords: etnopuitika, mantra, ruwatan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik
Creators:
CreatorsNIM
LEVINDA HESTY SURYAWARDHANI, 121714253005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Wayan Sartini, NIDN: '0008116307UNSPECIFIED
Thesis advisorMochtar Lutfi, NIDN: '0004106803UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 26 Nov 2019 04:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item