ANALISIS PERBEDAAN RISIKO DAN KELUHAN MSDs ANTARA POSISI KERJA DUDUK DAN BERDIRI (Studi Pada Bagian Proses Produksi Friction Welding dan Pembengkokan Kerangka Rak UD. King Rack Surabaya)

GENDUK LINTANG RUSMAWARDA, 101511133019 (2019) ANALISIS PERBEDAAN RISIKO DAN KELUHAN MSDs ANTARA POSISI KERJA DUDUK DAN BERDIRI (Studi Pada Bagian Proses Produksi Friction Welding dan Pembengkokan Kerangka Rak UD. King Rack Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FKM 148 19 Rus a ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
FKM 148 19 Rus a DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
FKM 148 19 Rus a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 148 19 Rus a.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Posisi kerja yang tidak alamiah saat bekerja dapat memberikan risiko hingga keluhan musculoskeletal disorders (MSDs). Keluhan MSDs yang terjadi juga dapat dipengaruhi oleh karakteristik individu dan faktor pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan tingkat risiko dan keluhan MSDs pada pekerja bagian proses produksi friction welding dan pembengkokan kerangka rak di UD. King Rack Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional bahwa peneliti hanya melakukan pengamatan tanpa memberikan perlakuan khusus terhadap responden. Sampel penelitian menggunakan total populasi 17 responden yang berasal dari dua bagian pekerjaan yang berbeda. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, lembar pengamatan, pengambilan gambar dan panduan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan cross tabulasi dan koefisien asosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden bekerja dengan posisi tubuh yang tidak alamiah. Ada perbedaan tingkat risiko dan keluhan MSDs antara responden friction welding (posisi duduk) dan pembengkokan kerangka rak (posisi berdiri). Tingkat risiko dan keluhan MSDs responden friction welding lebih besar daripada bagian pembengkokan kerangka rak. Selain itu, terdapat hubungan yang kuat dan searah antara usia responden, kebiasaan merokok, dan masa kerja dengan tingkat keluhan MSDs (C=0,600) (C=0,641) (C=0,531), terdapat hubungan yang sempurna dan searah antara gerakan berulang dengan tingkat keluhan MSDs (C=1,000), serta terdapat hubungan yang cukup kuat antara Indeks Massa Tubuh dengan tingkat keluhan MSDs (C=0,433). Kesimpulan dari penelitian yaitu adanya perbedaan tingkat risiko dan keluhan MSDs serta ada pula hubungan antara karakteristik responden dan faktor pekerjaan terhadap tingkat keluhan MSDs responden bagian friction welding dan pembengkokan kerangka rak. Saran yang diberikan pada UD. King Rack Surabaya perusahaan menyediakan kursi yang memiliki sandaran punggung dan sesuai dengan ketinggian landasan kerja bagi responden friction welding, memberi waktu untuk peregangan dengan tetap melakukan pengawasan, spesialisasi ukuran kerangka rak pada setiap mesin pembengkok, dan menyediakan kursi di area pembengkokan kerangka rak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 148/19 Rus a
Uncontrolled Keywords: musculoskeletal disorders, risiko dan keluhan, REBA dan NBM, posisi kerja duduk dan berdiri
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
GENDUK LINTANG RUSMAWARDA, 101511133019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dwiyanti, Dra., M.Kes, NIDN :'0023106603UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:44
Last Modified: 04 Dec 2019 05:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item