HUBUNGAN PERILAKU PEMILIHAN MAKANAN PADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN OBESITAS DI DESA JAMBEWANGI, KECAMATAN SEMPU, BANYUWANGI

DIAN NINDIA YULIANA, 101511535006 (2019) HUBUNGAN PERILAKU PEMILIHAN MAKANAN PADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN KEJADIAN OBESITAS DI DESA JAMBEWANGI, KECAMATAN SEMPU, BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
PSDKU FKM 33 19 Yul h ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
PSDKU FKM 33 19 Yul h DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
PSDKU FKM 33 19 Yul h DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
PSDKU FKM 33 19 Yul h.pdf
Restricted to Registered users only until 6 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Masalah gizi yang sekarang masih menjadi masalah besar adalah kegemukan dan obesitas karena kelebihan konsumsi yang berasal dari makanan sumber energi tinggi seperti karbohidrat dan lemak, tanpa aktivitas fisik yang cukup. Obesitas dapat terjadi di semua usia, salah satunya pada ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga merupakan seorang yang penting dalam pemilihan makanan dalam keluarga, karena yang memutuskan belanja dan masak adalah ibu rumah tangga. Oleh karena itulah, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku pemilihan makanan pada ibu rumah tangga dengan kejadian obesitas di desa Jambewangi, Kecamatan Sempu Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah analitik dengan rancang bangun cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada ibu rumah tangga di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu Banyuwangi. Pengambilan sampel secara cluster sampling dan mendapatkan 80 responden. Data diperoleh melalui kuesioner pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga dalam pemilihan makanan. Variabel yang diteliti meliputi: thoughts and feeling, personal reference dan resources. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden mayoritas memiliki pengetahuan obesitas dan pemilihan makanan sangat baik (68%) dan sikap dalam pemilihan makanan cukup (86.2%). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengetahuan sangat baik sebesar 45% dengan IMT kelebihan berat badan tingkat berat (obesitas), dan sikap dalam pemilihan makanan sebesar 45% dengan IMT kelebihan berat badan tingkat berat. Hasil uji square diketahui bahwa tidak ada hubungan antara perilaku pemilihan makanan dengan kejadian obesitas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak ada hubungan perilaku pemilihan pada ibu rumah tangga dengan kejadian obesitas di Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu Banyuwangi. Hal tersebut terjadi karena pengetahuan obesitas dan pemilihan makanan hanya sekedar tahu namun masih belum diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PSDKU FKM 33/19 Yul h
Uncontrolled Keywords: obesitas, ibu rumah tangga, perilaku pemilihan makanan.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 17. PSDKU Banyuwangi > Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DIAN NINDIA YULIANA, 101511535006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Mohammad Zainal Fatah, Drs., M.S., M.Kes., NIDN :'0016046006UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:02
Last Modified: 06 Dec 2019 03:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92174
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item