Komparasi Produktivitas Pengangkutan Sampah Berdasarkan Teori Dan Pasca Bencana Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Alif Firmansyah Madi (2019) Komparasi Produktivitas Pengangkutan Sampah Berdasarkan Teori Dan Pasca Bencana Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ST.TL.53-19 Mai k abstrak.pdf

Download (747kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
ST.TL.53-19 Mai k daftar isi.pdf

Download (596kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
ST.TL.53-19 Mai k daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
ST.TL.53-19 Mai k full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem pengangkutan sampah perlu direncanakan dengan tepat sehingga dapat mengoptimalkan waktu angkut pada seluruh area yang telah ditetapkan. Salah satu wilayah yang memerlukan perbaikan dalam sistem tersebut adalah Kabupaten Lombok Utara yang memiliki pelayanan persampahan sebesar 42,60% dan jumlah timbulan 0,2156 kg/hari. Bencana gempa bumi pada Tahun 2018 yang melanda daerah tersebut menimbulkan permasalahan sampah bencana, sehingga produktivitas dalam pengangkutan sampah menjadi penting sebagai bahan evaluasi pengelolaan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas pengangkutan sampah berdasarkan teori dan pasca bencana, serta skema pengelolaan sampah yang ideal dan pasca bencana di Kabupaten Lombok Utara. Data diperoleh dengan penelitan langsung dan analisis data sekunder. Pada analisis berdasarkan teori, pengangkutan sampah yang ideal menggunakan metode HCS modifikasi, sedangkan pada pasca bencana metode pengangkutan sampah yang digunakan adalah metode SCS. Hasil penilitian dianalisis dengan analisis komparasi untuk menilai produktivitas kegiatan pengangkutan sampah. Pada analisis pengangkutan sampah berdasarkan teori produktif dengan waktu pengangkutan 5-6 jam per hari, sedangkan pada pasca bencana produktif dengan waktu 2-4 jam per hari. Skema pengelolaan sampah yang ideal adalah: pemilahan, pewadahan, pengumpulan, pengolahan, pengangkutan, pengolahan akhir di TPA, sedangkan pada pasca bencana pengelolaan sampah yang dilakukan adalah: pengumpulan, pengangkutan, dan pengolahan akhir di TPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK.ST.TL.53/19 Mai k
Uncontrolled Keywords: Pengangkutan sampah, pengeloaan sampah, produktivitas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA170-171 Environmental engineering
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Alif Firmansyah MadiNIM081411133005
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNita CitrasariNIDN0002088201
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 10:49
Last Modified: 30 Jan 2020 10:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92291
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item