Abdul Chakim, 071714853015 (2019) Strategi External Relations Humas Pemkab Sampang pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text
TSK 14 19 Cha s ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text
TSK 14 19 Cha s DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
|
Text
TSK 14 19 Cha s DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
|
Text (FULLTEXT)
TSK 14 19 Cha s.pdf Restricted to Registered users only until 11 December 2022. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berbicara Pemilu atau Pilkada di Kabupaten Sampang ini selalu mengarah pada beberapa kasus atau kerusuhan seperti kerusuhan Pemilu 1997, berbagai PSU pada Pilgub, Pileg maupun Pilpres atau kekisruhan pendukung caleg maupun calon Bupati. Berbagai polemik dan dinamika politik selalu menghiasi di Kota Bahari yang mempunyai IPM terendah kedua se Jatim ini pada saat Pilkada atau Pemilu. Fokus Penelitian yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah mengenai strategi external relations Bagian Humas Kabupaten Sampang pada Pilkada 2018 Peneliti pertama melihat strategi external relations pada Pilkada 2018 dimana Bagian Humas bekerja sama dengan beberapa stakeholders yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada 2018. Kemudian, peneliti juga melihat bagaimana strategi Bagian Humas ini dalam hubungan media terkait pemberitaan Pilkada 2018. Terakhir, peneliti mengupas bagaimana strategi dan peran Bagian Humas pada Pemilu 2019 dimana pada tahun ini beberapa tupksi dan wewenang pada 2018 telah beralih pada Diskominfo Kab. Sampang dan tahun 2019 ini terjadi transisi kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan jenis deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang nantinya diharapkan dapat memberikan penjelasan yang lengkap dan rinci mengenai penyelesaian permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan yang menjadi sumber data merupakan pejabat yang berwenang, observasi lapangan dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini mengerucut pada tiga kesimpulan utama. Pertama, adanya triad relations antara Kiai/Ulama, Bagian Humas dan KPUD/ Bawaslu. Mengapa hubungan ini bisa terjadi ? Tentu saja adanya power Kiai/ Ulama maupun blater yang masih mendominasi dalam peta perpolitikan lokal Kabupaten Sampang. Kedua, adanya transisi kepemimpinan, perubahan pemimpin ini menyebabkan perubahan besar pada strategi dan peranan Bagian Humas pada Pemilu 2019. Dan terakhir adalah Dan terakhir adalah meskipun berbagai strategi external Humas yang telah dilakukan, pengaruh lokalitas politik terutama Kiai / Blater masih kuat di masyarakat Sampang.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TSK 14/19 Cha s | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | External Relations, Media Relations, Blater, Kiai , Komunikasi Politik | |||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media | |||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Dwi Marina | |||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2019 05:39 | |||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2019 05:39 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92498 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |